STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI STANDARISASI TENAGA PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v11i3.2430Keywords:
Mutu pendidikan, standarisasi tenaga pendidik, strategiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kondisi dan strategi strategi peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi tenaga pendidik serta kendala dan solusinya di SMP Negeri 02 Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru SMP Negeri 02 Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjumlah 5 orang. Analisis data dalam penelitian kualitatif antara lain Reduksi Data, Penyajian Data dan Conclusing Drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, guru, siswa dan kurikulum yang diterapkan di sekolah sudah dilaksanakan dengan baik, Pembuatan program kerja kepala sekolah sudah didasarkan pada visi dan misi sekolah sehingga guru dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan kerja guru. Peningkatan kompetensi yang dimiliki guru dapat dilakukan dengan kegiatan pelatihan dan in house training serta MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Kurikulum harus disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Pembelajaran terkendala pandemi Covid 19, sehingga guru tidak dapat mengajar dengan baik, upaya yang dilakukan dengan melaksanakan membelajaran daring, membekali kompetensi guru dengan mengikutsertakan guru dalam seminar online atau pelatihan online pengajaran daring.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.