KONTRIBUSI KONSEP DIRI DAN SOFT SKILL TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN S1 PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI BALI

Authors

  • Dewa Gede Eka Sastra Wiguna Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Negah Sukawidana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1806

Keywords:

konsep diri, soft skill, kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi konsep diri terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi, (2) kontribusisoft skill terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi, dan (3) kontribusi konsep diri dan soft skill terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik strata random sampling. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,77; p < 0,05 dan t = 16;11 p < 0,05). (2) soft skill berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,60; p < 0,05 dan t = 8,00; p < 0,05)). (3) konsep diri dan soft skill berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,76; p < 0,05 dan F = 48,49 ; p < 0,05) serta memiliki sumbangan efektif sebesar 58%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-31