KONTRIBUSI KONSEP DIRI DAN SOFT SKILL TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN S1 PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI BALI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1806Keywords:
konsep diri, soft skill, kreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi konsep diri terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi, (2) kontribusisoft skill terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi, dan (3) kontribusi konsep diri dan soft skill terhadap kreativitas mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik strata random sampling. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,77; p < 0,05 dan t = 16;11 p < 0,05). (2) soft skill berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,60; p < 0,05 dan t = 8,00; p < 0,05)). (3) konsep diri dan soft skill berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Biologi IKIP PGRI BALI (r = 0,76; p < 0,05 dan F = 48,49 ; p < 0,05) serta memiliki sumbangan efektif sebesar 58%.