OPTIMALISASI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS XII IPS2 SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1804Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, Student Facilitator And Explaining, Hasil BelajarAbstract
Berdarkan hasil pengamatan pada pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Nusa Penida mengindikasikan masalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Terlihat dari rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa 68,97 daya serap 68,97%, pada KKM 75 dan tingkat kentuntasan hanya mencapai 51,28%. sSehingga perlu dilakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan pencapian hasil belajar siswa Kelas XII IPS2 Negeri 1 Nusa Penida. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 39 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif SFE. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif SFE dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 77,77 yang berada pada kategori cukup tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,97 dengan kategori tinggi, sehingga terjadi peningkatan sebesar 4,21.