PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA
Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, PBL, Hasil Belajar Ekonomi.Abstract
Berdarkan hasil pengamatan pada pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida mengindikasikan masalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa 67,98 daya serap 67,98%, pada KKM 75 dan tingkat kentuntasan hanya mencapai 52,29%, sehingga dipandang perlu melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan pencapian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar Ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe PBL. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe PBLdalam mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 Semester I di SMA Negeri 1 Nusa Penida tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 76,77 yang berada pada kategori cukup tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,97 dengan kategori tinggi, sehingga terjadi peningkatan sebesar 6,22.