SIKAP BELAJAR DAN KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS KARYAWAN MEXICOLA MELALUI PELATIHAN BERBASIS PELIBATAN TERINTEGRASI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1091Keywords:
sikap, pembelajaran, kemahiran, pelatihan, pendidikan informalAbstract
Penelitian yang mengamati kondisi ketrampilan berbahasa Inggris siswa dalam pendidikan formal telah banyak dilakukan, namun penelitian yang memfokuskan pada pelatihan komunikasi bahasa Inggris untuk pendidikan informal belum menjadi prioritas. Sehingga, fenomena sumber daya linguistik dan ketrampilan bahasa Inggris masyarakat luar sekolah seharusnya terangkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal dan perubahan sikap dan ketrampilan bahasa Inggris karyawan restoran melalui metode pelatihan berbasis pelibatan terintegrasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan berbasis fenomenologi. Sumber data berupa hasil pelatihan dan pengamatan sikap bahasa 38 karyawan Motel Mexucola. Data dikumpulkan melalui metode pengamatan dengan teknik libat cakap dan catat.melalui tes, wawancara, dan kuesioner. Terdapat tiga tahapan analisis, yaitu kondisi awal, pengembangan, dan kemahiran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan sikap belajar karyawan Mexicola selama pelatihan berbasis pelibatan terintegrasi, yaitu lebih aktif, kooperatif, dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas. Sikap belajar ini berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan ketrampilan bahasa Inggris karyawan dengan tingkat ketuntasan 81%. Ini membuktikan pembelajaran dengan pelibatan terintergrasi antara sikap dan pengetahuan, dan antara hasil pelatihan dengan penerapan langsung dilingkungan kerja telah membentuk pembiasaan penggunaan bahasa fungsional. Hasil pelatihan ini telah membantu karyawan Mexicola dalam peningkatan kualitas komunikasi bahasa Inggris sehingga berdampak pada kuantitas kunjungan wisatawan ke restoran ini