PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL SAVI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKnSISWA

Authors

  • I Gusti Ayu Menaka SMP Negeri 3 Semarapura

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1088

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, model pembelajaran SAVI, prestasi belajar

Abstract

Data yang masih rendah pada siswa kelas VIII E di SMP Negeri 3 Semarapura menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan, mengingat penelitian dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKn siswa. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing tediri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/pengumpulan data diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana peserta didik baru mampu mencapai ketuntasan belajar 23,33% dengan rata-rata kelas 62,67 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 60% dengan rata-rata kelas 72,17 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan mereka sudah mencapai 90% dengan rata-rata kelas 81,00. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar prosentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 85% dengan rata-rata kelas 75,00. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan inkuiri terbimbing dengan model SAVIdalam proses belajar mengajar mampu meningkatan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads