PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU METODE PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1087Keywords:
model pembelajaran problem based learning, metode presentasi, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjarangkan di kelas VII D yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA cukup rendah. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasidapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 63,45, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,93 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,55.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.