MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN STRATEGI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1080Keywords:
Model Pembelajaran Mastery Learning, Strategi Tutor Sebaya, Prestasi BelajarAbstract
Pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini lebih ke hal-hal yang Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjarangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas IX DSMP Negeri 3 Banjarangkanpada semester I tahun pelajaran 2019/2020membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapa model pembelajaran mastery learning dengan strategi tutor sebaya. Model dan strategi ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai69,65 dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 38,46%, pada siklus I meningkat menjadi75,92 rata-rata kelas dan 73,08%untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 84,85rata-rata kelasnya dan 100% ketuntasan belajarnya. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran mastery learning dengan strategi tutor sebaya dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.