MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF Co-Op Co-Op DENGAN MEDIA LKS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • I Nyoman Seriasa SMP Negeri 3 Banjarangka

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1078

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif co-op co-op, media LKS, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjarangkan di KelasVII Byang kemampuan siswanya untuk materi pelajaran IPA rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Opdengan Media LKSdapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Co-Op Co-Op dengan Media LKSdapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata60,67, pada siklus I menjadi69,93dan pada siklus II menjadi84,23.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Opdengan Media LKS dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII B semester I SMP Negeri 3 Banjarangkan tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-28