PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1076Keywords:
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), pendekatan saintifik, hasil belajarAbstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswasetelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifikdalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya prosespembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa akibat penerapan modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang masih belum maksimal. Setelah datadikumpulkan menggunakan alat berupa tes hasil belajar siswa dari rata-rata awal 68,16 denganprosentase ketuntasan belajar sebesar 32,00% naik menjadi 73,72 dengan prosentase ketuntasanbelajar sebesar 76,00% pada siklus I dan naik menjadi 80,72 pada persentase ketuntasan belajar100,00% pada siklus II. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.