IMPLEMENTASI COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIIC SMP PGRI 2 DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Maria Sri Rosari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Sukanadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

reading comprehension, Collaborative Strategic Reading (CSR)

Abstract

This research is a class action research (PTK) with goal 1. To improve the reading comprehension of grade VIIC students of SMP PGRI 2 Denpasar for the 2022/2023 academic year; (2) knowing the steps for implementing the Colllaborative Strategic Reading (CSR) learning method to improve the reading comprehension of grade VIIC students of SMP PGRI 2 Denpasar for the 2022/2023 academic year. Data collection is carried out by observation and test methods. The data obtained were analyzed descriptively, qualitatively and quantitatively. The results showed that the application of CSR methods can improve reading comprehension skills of grade VIIC students of SMP PGRI 2 Denpasar. The pre cycle results showed that 40 students had an average standard score of 4.42 still on the criteria of lacking, the score was still relatively low and needed to be improved to the next cycle by improving teaching. In cycle I has increased with an average score of 5.92 with sufficient category In cycle II the test results of increased reading comprehension ability reached an average value of 6.9 with more than enough category. In cycle III the test results for improving reading comprehension skills reached an average score of 8.15 with a good category, this average score has met the KKM value of 7.5. The steps for implementing the CSR method: the teacher divides students into groups, previewing, click and clunk, getting the gist, wrap-up and the teacher assigns students to make summaries based on texts that have been read and understood.

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berutujuan 1. Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar; (2) mengetahui langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Colllaborative Strategic Reading (CSR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode CSR dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar. Hasil prasiklus menunjukan bahwa 40 peserta didik memiliki nilai rata-rata skor standar sebesar 4,42 masih pada kriteria kurang, nilai tersebut masih tergolong rendah dan perlu adanya peningkatan ke siklus selanjutnya dengan memperbaiki pengajaran. Pada siklus I sudah mengalami peningkatan denga nilai rata-rata 5,92 dengan kategori cukup Pada siklus II hasil tes peningkatan kemampuan membaca pemahaman mencapai nilai rata-rata 6,9 dengan kategori lebih dari cukup. Pada siklus III hasil tes peningkatan kemampuan membaca pemahaman mencapai nilai rata-rata 8,15 dengan kategori baik, nilai rata-rata ini sudah memenuhi nilai KKM yaitu 7,5. Adapun Langkah-langkah penerapan metode CSR: guru membagi siswa dalam bentuk kelompok, previewing (curah pendapat), click and clunk, getting the gist, wrap-Up dan guru menugaskan siswa membuat ringkasan berdasarkan teks yang telah dibaca dan dipahami.

References

Afnita, (2018). Implementasi Collaborative Strategic Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Evaluatif Dan Apresiasif Mahasiswa STKIP PGRI Sumatra Barat

Amrina, R. (2016). The effect of Collaborative Strategic Reading (CSR) on reading comprehension of students across different learning styles (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Finandar, Fidi. 2012. Teaching Narrative Text Using CSR (Collaborative Strategic Reading) Technique.Diakses http://walanggepuk12.blogspot.com/2012/08/teaching-narrative-text- using csr.html pada tanggal 17 September 2013

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1).

Iskandarwassid dan Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khuzaimatun, S. (2009). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R pada siswa kelas X. 3 SMA Negeri 1 Sumberlawang. Skripsi tidak diterbitkan.

Kurniawan, E. (2014). Keefektifan Collaborative Strategic Reading (CSR) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta (Doctoral dissertation, Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta).

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

29-04-2024

Issue

Section

Articles