PENERAPAN METODE GUIDE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII D SMP WIDYA SAKTI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
writing, descriptive text, learning methods, guide writingAbstract
This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to improve writing skills through the application of the Guide Writing method to improve the descriptive text writing skills of class VII D students at SMP Widya Sakti Denpasar for the 2023/2024 academic year. The data in this research was obtained using observation and test methods to determine students’ ability to write descriptive text. The data that has been obtained is then analyzed using quantitative descriptive and qualitative descriptive methods. Based on the research results, this research was carried out in two cycles which proves that the Guide Writing method can improve students’ ability to write descriptive text. This can be seen from the average score in the initial test (pretest), which was 39,8 in the poor category, then increased in the first cycle, namely the average student score became 58,9 in the sufficient category. Compared to cycle I, the average student score improved by 76,9 in cycle II with a good.
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilam menulis melalui penerapan metode Guide Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan tes untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang membuktikan bahwa metode Guide Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tes awal (pretest) yaitu 39,8 dengan kategori kurang kemudian meningkat pada siklus I yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 58,9 dengan kategori cukup. Dibandingkan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik sebesar 76,9 pada siklus II dengan kategori baik.
References
Apriani, W. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Writing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Langkaipalangkaraya. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. SDN-9
Baiq Faras Selvia, A. I. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap . Universitas Mataram, Mataram, Indonesia: Journal of Classroom Action Research.
Candraningrum, O.E (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Guided Writing. Universitas Negeri Yogyakarta. Basic Education.
Desi Anggreni Saputra, E. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf . Universitas tanjungpura, pontianak.
Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Emidar, j. L. (2019). Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi. Universitas Negeri Padang, Padang.
Haritzah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak . UNY, Yogyakarta.
Haritzah, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode Guided Writing Di Kelas 2a Sd N Sampangan. Basic Education, 7(32), 3-157.
Hana Nurlatifah, D. A. (2020). Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Muhammadiyah Sukabumi: Jurnal Perseda.
Hermaditoyo, S. (2013). Teks Deskriptif dalam Pembelajaran.
Hiburan, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII 6 SMP Negeri 7 Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar.
Khoiriyah, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD MUHAMMADIYAH 1 WARU. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 6(1).
Nurdiana. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 1 Lingsartahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Muhammadiyah Mataran.
Nurlatifah, H., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi.
Oktavia Evi, C. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Guided Writing Siswa Kelas V SD Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, S. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII A SMP Sila Dharma . Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar.
Rachmani, N. D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskrips Menggunakan Metode Latihan Terbimbing Berbantuan Media Video Pembelajaran Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Sanden Bantul DIY. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6(8), 1022-1033.
Rachmani, N. D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. UNY, Yogyakarta.
Rahman, T. (2017). Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan. CV. Pilar Nusantara. Sebo, K. L. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas VII G SMP Widya Sakti Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar.
Sonia, G. (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).