PENERAPAN METODE TIME TOKEN BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII E SMP N 14 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • I Komang Asmara Utama Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

speaking skills, time tokens, learning outcomes

Abstract

This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to 1) find out whether the ICT-based time token method can improve speaking skills in class VII E students of SMP N 14 Denpasar; 2) find out the steps for the ICT-based time token method in improving speaking skills in class VII E students of SMP N 14 Denpasar. Data collection was carried out using interview, observation and test methods. The data obtained was then analyzed using quantitative analysis techniques and qualitative descriptive techniques. The research results obtained showed that there was an increase in speaking skills through the ICT-based time token method in class VII E students at SMP N 14 Denpasar. The improvement in students' speaking skills can be seen from the initial test score of 67.47 in cycle I, namely 81.04 and the test score in cycle II increased to 90.38. The application of the ICT-based time token learning model strategy makes students feel happy, because it provides an interesting passion for students to do it.

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan 1) mengetahui apakah metode metode time token berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar; 2) mengetahui langkah-langkah metode time token berbasis ICT dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan tes. Data yang didapatkan lalu dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara melalui metode time token berbasis ICT pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dilihat dari nilai tes awal sebesar 67.47 pada siklus I yaitu 81.04 dan nilai tes siklus II naik menjadi 90,38. Penerapan setrategi model pembelajaran time token yang berbasis ICT membuat siswa merasa senang, karena memberikan gairah yang menarik untuk siswa mengerjakannya.

References

Miftahul, H. (2013). Model-Model dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 239.

Muntaqo, R. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perkembangan Budaya Masyarakat. Jurnal PPKM I, 12.

Haryati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Repositori, 1.

Patonah, R., & Suitela, A. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Time Token. Jurnal Edukasi.

Ristawati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai. Eprints.UNM, 73.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas dalam menciptakan Suasana Belajar yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 179.

Downloads

Published

29-04-2024

Issue

Section

Articles