ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA TERE LIYE
Keywords:
analisis, psikologi sastra, nilai-nilai pendidikan karakterAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah bertujuan mendeskripsikan psikologi sastra dalam novel Hafalan Shalat Delisa serta nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam novel Hafalat Shalat Delisa. Sumber data adalah novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, yang diterbitkan Republika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode kepustakaan. Hasil analisis menunjukan terdapat aspek Psikologi Sastra dalamHafalan Shalat Delisa yang berupa Id, Ego dan Superego. Dalam novel Hafalan Shalat Delisa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter, di antaranya: pendidikan karakter religius, kejujuran, bersahabat, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, peduli sosial, cinta damai, gemar membaca, dan toleransi.
References
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta. PT. Rineka Cipta
Eagleton. 2010, Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehesif.Yogyakarta Esten, Mursal 1978. Kesustraan: Pengntar Teori dan Sejarah. Bandung: PT Angkasa.
Endraswara, S. 2011. Metedologi Penelitian Sastra. Yogyakarta:
Hartoko, Dick. 1984. Saksi Budaya. Jakarta: Pustaka Jaya.
Moleong, J.L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT.Remaja Rosdakrya
Nurgyantoro, Burhan 2010. Teori Pengkajian Fiksi: Gadjah Mada University Press.