PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP SLUB SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Maria Trinildis Samun Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Menulis, Meningkatkan Hasil Belajar, PjBL (Project Based Learning)

Abstract

This research is classroom action research (PTK) which aims to (1) find out the application of the PjBL (Project Based Learning) learning model to improve advertising text writing skills in students in class VIII C SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar for the 2024/2025 academic year, (2) find out Steps for Implementing the Project Based Learning Model to Improve Advertising Text Writing Skills in Class VIII C Students of SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar Academic Year 2024/2025. Data collection uses observation,tests and documentation. The data obtained was then analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The research results show that the application of the PjBL (Project Based Learning) model is to improve advertising text writing skills in class VIII C students at SMP Slub Saraswati 1 Denpasar. Increased student activity can be seen from students' enthusiasm in responding to learning. Students who are active in learning in class are able to understand the material and complete the three tasks given. Furthermore, if we look at student learning outcomes, the improvement in advertising text writing results can be seen from the assignments given by educators to students and can be seen from the students' average test scores. In the pre-test stage students got an average score of 39.10, in cycle I 61.07 and in cycle II students got an average score of 90. This can be seen from students who were able to put together appropriate titles, appropriate content, appropriate usage. language, suitability of writing, mechanics in students about writing advertising texts.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) mengetahui Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025, (2)Mengetahui langkah-langkah Penerapan Model Pembelajran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP SLUB Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan Observasi,Tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penerapan Model PjBL (Pembelajaran Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII C SMP Slub Saraswati 1 Denpasar. Meningkatnya Aktivitas Siswa tampak dari keantusiasan siswa dalam merespon pembelajaran. Siswa aktif dalam pembelajran dikelas mampu memahami materi serta menyelesaikan tiga yang diberikan. Selanjutnya, Jika ditinjau dari hasil belajar siswa, Peningkatan hasil menulis teks iklan terlihat dari penugasan yang diberikan oleh pendidik kepada siswa dan dapat ditinjau dari nilai rata-rata tes siswa. Pada tahap Pre-tes siswa memperoleh nilai rata-rata 39,10 , Pada siklus I 61,07 dan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 90. Hal tersebut dapat terlihat dari siswa yang mampu merangkai keseuaian judul, Keseuaian isi, Ketepatan penggunaan bahasa, kesesuaian tulisan, mekanik pada siswa tentang menulis teks iklan.

References

Ardika, I Wayan dkk. 1993. Dampak Pariwisata terhadap Situs Peninggalan Arkeologi di Bali. Laporan Penelitian. Denpasar:Fakultas Sastra

Ardika, P., Rosidin, U., & Wahyudi, I. (2016). Pengaruh Lks Pjbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Asizah, N. (2015). Faktor Individu Yang Berhubungan Dengan Tindakan Merokok Mahasiswa Di Universitas Hasanuddin. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, (2018) Materi Teks Iklan Kelas V SD.

Ginting, E. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Projesk Bases Learning) Berbantuan Menia Gambar Untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240–250.

Herera, F. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 9 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Hosnan.(2014:319). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran . Bogor: Ghalia Indonesia

Kosasih. (2014). Jenis-jenis teks. Bandung : Yrama Widya.

Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Pramukanto, Q., Purwakusuma, E. D., Sa'diah, S., Batubara, I., Darusman, L. K., & Rahminiwati, M. (2013). Taman Terapi Mandiri: Diabetes Melitus (Jenis, Fungsi, Pengolahan Tanaman Obat, dan Rancangan Taman).

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal varidika, 30(1), 79-83.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 65-67

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, kulitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.2017

Susanti, H. A. (2015). Strategi komunikasi badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (bkkbn). Jurnal aspikom, 2(4), 243-254.

Sriyanti, A. (2015). Komparasi keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe talking stick dengan tipe make a match pada siswa kelas VII SMP LPP UMI Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 20-29.

Sugihartono, dkk 2007. Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tarigan. H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Usman, M., Daud, W. W., & Abbas, H. F. (2015). Dry reforming of methane: Influence of process parameters—A review. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 45, 710-744

Widyantini, G., & Yanthi, A. P. (2007). Pengaruh model project based learning berorientasi penguatan profil pelajar pancasila terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Yunus Muhammad, S. (2007). Keterampilan Dasar Menulis.

Downloads

Published

21-03-2025

Issue

Section

Articles