IMPLEMENTASI METODE TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X 1 SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Time Token, Media Question BoxAbstract
This research is a Class Action Research (PTK) which aims to (1) the implementation of the time token method with the help of Question Box media can improve anecdotal text writing skills in grade X 1 students of Saraswati 1 High School (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (2) to find out the steps of the time token method of Question Box media assistance in improving the ability to write anecdotal texts in grade X 1 students of SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (3) to find out the response of students in class X 1 of SMA Saraswati 1 Denpasar after the implementation of the Time Token method with the help of Question Box media in an effort to improve the ability to write anecdotal texts. The data collection methods used are observation, tests, questionnaires and documentation. The data analysis methods are carried out in a qualitative descriptive and quantitative descriptive manner. The success indicator in this study is that if the writing ability of students is at least 75 with a good category, the steps to implement the time token method assisted by media question boxes show an increase in students reaching 80% and getting more respondents "SS" (Strongly Agree) and "S" (Agree). The results of the study showed an increase. In the initial test, the average score of students' ability to write anecdotal texts was 46.76, cycle I increased to 64.41 and cycle II increased to 91.17. The implementation of the time token method assisted by media question boxes received a positive response from students, this can be proven from the results of student questionnaires, most students strongly agree and agree with the percentage of 82.93%. Thus, the time token method assisted by question box media can improve students' anecdotal text writing skills.
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) implementasi metode time token bantuan media Question Box dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X 1 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (2) mengetahui langkah-langkah metode time token bantuan media Question Box dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X 1 SMA(SLUA) Saraswati 1 Denpasar. (3) mengetahui respon siswa kelas X 1 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar setelah diimplementasi metode time token bantuan media Question Box dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang di lakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila kemampuan menulis siswa minimal 75 dengan kategori baik, langkah-langkah implementasi metode time token berbantuan media question box menunjukan peningkatan siswa mencapai 80 % dan mendapatkan responden lebih banyak “SS“ (Sangat Setuju) dan “S“ (Setuju). Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal nilai rata-rata kemampuan menulis teks anekdot siswa yakni 46,76, sikus I mengalami peningkatan menjadi 64,41 dan siklus II mengalami peningkatan menjadi yang dapat 91,17. Implementasi metode time token berbantuan media question box mendapatkan respon positif dari siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil kuisioner siswa, sebagian besar siswa sangat setuju dan setuju dengan presentase 82,93%. Dengan demikian metode time token berbantuan media question box dapat meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa.
References
Ernawati Dwi. (2019). Keefektifan Metode Time Token Arends dan Mind Mapping dalam Menulis Teks Eksposisi”. Jurnal SEMANTIKA Volume 1, No. 01, Agustus 2019, p. 55-62.
Erlina Syarif, dkk. (2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Firmansyah Fery & Firmansyah Dida. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1 NO. 4 (2018).
Febrianti, F., dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Time Toke Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 19 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 3(2), 1099–1105.
Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis. Serang: Madani
Indriani, L. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1), 15–22
Maharani Sikumbang. (2022). Teks Anekdot. Medan: Guepedia.
Oktaviani, E. R. (2022). Penerapan Media Google Sites Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X Teknik Pemesinan 1 SMK Negeri 13 Surabaya. Journal.unesa.ac.id, Volume 9, Nomor 8 Tahun 2022.
Perawati, Siska. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(1), 50 - 54.
Patonah, R., & Suitela, A. P. (2020). Meningkatkan hasil belajar dengan metode Time Token. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 15-26.
Syahlil Sukendro. (2010). “Questions Box, Inovasi Media Pembelajaran Kooperatif di Sekolah (pembelajaran inovatif)”. Sukses Anda. Diakses 20 September 2024. https://suksesbersamasukarto.blogspot.com/2010/04/questions-box-inovasi- media.html. Son .R. S. Santriana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291.
Sutoyo (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNISRI Press.
Sultan, M. A., Asad, N. M., & Kadir, A. (2022). Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9511–9514.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era Education 4.0: Usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. Jurnal PETISI, 04(01), 49–58.
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wayan, N., Suprianingsih, S., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25 (3), 308–318.
Yahya, M., & Fahreza, M. (2022). Problem Based Learning Berbantuan MEDIA Questions Box Meningkatkan Motivasi Belajar Smanpinrang. Jurnal Education and Development, 10(1), 13-18.
Zulherman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches 2, no. 2 (30 April 2022): 79–87.