PENERAPAN STRATEGI RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII C SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Ni Putu Mia Lestari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Strategi RAFT

Abstract

This research is a Class Action Research (PTK) which aims to (1) apply the RAFT (Role, Audience, Format, Topic) strategy to improve the writing skills of students in grade VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, (2) describe the steps to implement the RAFT strategy in improving the skills of writing description texts of students in grade VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, and (3) find out the response of class students VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar on the application of the RAFT strategy in learning to write descriptive texts. The data collection methods used are observation, tests, documentation, and questionnaires. The collected data was analyzed using qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive analysis techniques. The results of the study showed that the application of the RAFT strategy could improve the skills of writing descriptive texts in grade VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. The improvement of the skill of writing descriptive texts in each cycle, namely the pre-test, the average score of students is 67.8 with classical completeness of 36.3%, then it increases in the first cycle with an average score of 70.4 and classical completeness is 54.5%, and it increases in the second cycle with an average score of 85.8 and classical completeness of 100%. The increase in grades obtained by students is inseparable from the selection of the right steps through the application of the RAFT strategy in learning to write descriptive texts, namely forming groups, choosing topics, assuming roles, selecting participants, choosing formats, and developing them into descriptive text. The implementation of the RAFT strategy received a positive response from students. This is evidenced by the results of the student questionnaire, most of the students strongly agree and agree with the percentage of 95.44%. The results show that the implementation of the RAFT strategy can improve the writing skills of students in grade VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) menerapkan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, (2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi RAFT dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, dan (3) mengetahui respon siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar terhadap penerapan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi setiap siklusnya, yaitu tes awal (pre-test) nilai rata-rata siswa 67,8 dengan ketuntasan klasikal 36,3%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata yang 70,4 dan ketuntasan klasikal 54,5%, dan semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yang 85,8 dan ketuntasan klasikal 100%. Peningkatan nilai yang diperoleh siswa tidak terlepas dari pemilihan langkah-langkah yang tepat melalui penerapan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, yaitu membentuk kelompok, memilih topik, mengasumsikan peran, memilih peserta, memilih format, dan mengembangkannya menjadi teks deskripsi. Penerapan strategi RAFT mendapatkan respon positif dari siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil kuesioner siswa, sebagian besar siswa sangat setuju dan setuju dengan persentase 95,44%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi RAFT dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.

References

Asnidar, A., Agus, M., & Putri, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Strategi Pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Turatea Kabupaten Jeneponto. Journal on Education, 6(1), 1826-1836.

Khalimah, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Ulasan Dengan Menggunakan Strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic). Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 2(6), 530-545.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Raimes (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran RAFT (Role-Audience-Format- Topic) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X TKJ 2 Semester 2 di SMK Negeri 1 Abang. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 108-117.

Ruddel, Martha Rapp. 2005. Teaching Content: Reading and Writing. USA.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wahyudi, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Melalui Penerapan Strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) Pada Siswa Kelas XII MA Al Barkah Tahun Ajaran. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 5(2).

Downloads

Published

21-03-2025

Issue

Section

Articles