ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA LISAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Mareta Dwi Setianingrum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Analisis Kesalahan, Berbahasa Lisan, Pembelajaran Indonesia

Abstract

his study aims (1) To describe the form of oral language errors in students' speech in Indonesian language learning in class VIII SMP Negeri 4 Mengwi, and (2) describing the factors causing students' spoken language errors in Indonesian language learning in class VIII SMP Negeri 4 Mengwi. Data collection was conducted by observation, recording, note-taking, and interview methods. The data in this study were processed with qualitative data analysis techniques. The steps in analyzing the data are as follows (a) data reduction, (b) data presentation, (c) conclusion drawing. The results of this study show that students' oral language errors in the Indonesian language learning process in class VIII SMP Negeri 4 Mengwi in the 2024/2025 learning year are divided into three main categories, namely errors in memorization, diction, and sentence structure. Memorization errors include phoneme changes, phoneme deletions, and phoneme additions. Diction errors include the use of nonstandard words, words that do not fit the context, and the use of colloquial elements in formal situations. Sentence structure errors include sentences that are less effective, wordy, or incomplete in their main elements. Furthermore, when viewed from the factors that cause errors, it is strongly influenced by students' environmental factors. The use of everyday language or local language commonly used by the surrounding environment usually affects students. In addition, one of the main causes of students' oral language errors is a lack of self-confidence.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa lisan dalam tuturan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi, dan (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan berbahasa lisan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, rekaman, pencatatan, dan wawancara. Data dalam penelitian ini diolah dengan teknik analisis data kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis data sebagai berikut (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa lisan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 4 Mengwi pada tahun pembelajaran 2024/2025 terbagi ke dalam tiga kategori utama, yaitu kesalahan lafal, diksi, dan struktur kalimat. Kesalahan lafal mencangkup perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Kesalahan diksi mencakup penggunaan kata tidak baku, kata yang tidak sesuai dengan konteks, dan penggunaan unsur bahasa sehari-hari dalam situasi formal. Kesalahan struktur kalimat mencangkup kalimat yang kurang efektif, bertele-tele, atau ketidaklengkapan unsur-unsur pokoknya. Selanjutnya jika dilihat dari faktor penyebab kesalahan sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan siswa. Penggunaan bahasa sehari- hari atau bahasa daerah yang biasa digunakan oleh lingkungan sekitar biasanya mempengaruhi siswa. Selain itu, salah satu penyebab utama kesalahan berbahasa lisan siswa adalah kurangnya rasa percaya diri.

References

Hoerudin, C. W. (2013). Pengembangan Karakter Melalui Teks Wacana Sastra pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding PG PAUD FKIP Uninus.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(1), 114-124.

Supriadin, S. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa FPOK IKIP Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).

Tarigan, H.G. dan Djago Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

21-03-2025

Issue

Section

Articles