Analisis Kapasitas Parkir Sepeda Motor Fakultas Teknik di Kampus Kenyeri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Authors

  • I Gusti Agung Gde Suryadarmawan Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Sudipta Giri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Darma Yoga Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Krisna Nuarka Yasa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jikt.v14i2.12534

Keywords:

kapasitas, ruang parkir, kawasan kampus, sepeda motor

Abstract

Adanya program studi baru pada Fakultas Teknik Universitas Mahasarasawati Denpasar, yaitu program studi Teknik Lingkungan, jumlah aktivitas pembelajaran pada kampus Kenyeri akan mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan untuk mendukung proses pembelajaran, fasilitas ruang parkir sepeda motor untuk menunjang jalannya proses akademik tersebut juga harus ditingkatkan. Saat ini belum ada kajian mengenai kapasitas dan perhitungan standar kebutuhan ruang parkir sepeda motor pada kampus Kenyeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan kapasitas parkir sepeda motor pada kampus Kenyeri yang terbagi menjadi area parkir sepeda motor Tengah dan Utara. Hasil kajian menunjukan untuk area parkir sepeda motor Tengah dan Utara menggunakan sudut 90° dengan dimensi petak parkir 0,75 x 2 m2. Untuk akses keluar masuk kendaraan dua arah menggunakan lebar 160 cm. Pada area parkir Tengah, petak yang didapat sebanyak 137 SRP dengan hasil indeks IP > 1 atau 281 > 137 IP didapat 2,05 lebih besar dari 1 yang berarti kapasitas petak yang ada berdasarkan hasil desain yang dibuat belum bisa menampung sepeda motor berdasarkan volume dari jadwal perkuliahan terpadat. Untuk memfasilitasi kapasitas parkir yang kurang, perlu adanya penambahan lahan untuk menambah petak parkir sebanyak 144 SRP pada lahan seluas 421,2 m2. Untuk area parkir Utara dengan luas lahan 133,35 m2, hasil desain yang paling optimal hanya mendapatkan 36 SRP dari hasil perhitungan indeks yang didapatkan, yaitu IP < 1 Atau 36 < 12 IP sebesar 0,3. Hal ini berarti kapasitas yang ada masih cukup untuk keperluan sepeda motor dosen

References

Abubakar, I. d. 1996. Rekayasa Lalulintas. Pedoman Perencanaan dan Pengoprasian Lalu lintas diwilayah Perkotaan

Anonim. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Jakarta : Departemen Perhubungan.

Badan Pusat Statistik Kota Denpasar. 2020. Statistik Kota Denpasar Tahun 2020. Kota Denpasar : Badan Pusat Statistik

Hobbs, F. D. 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Yogyakarta : Gadjah Mada University Pers.

Munawar, Ahmad. 2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta: Penerbit Betha Offset.

Setijowarno Djoko, 2018, Jurnal Penelitian Transportasi Darat vol 2 No 1, Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat

Sudirahardjo, Ririh, 2004. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Bandarjo Ungaran, Semarang.

Tamin, O. Z 1997.Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung : ITB.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Suryadarmawan, I. G. A. G., Sudipta Giri, I. K., Darma Yoga, I. W. G., & Nuarka Yasa, I. G. K. (2025). Analisis Kapasitas Parkir Sepeda Motor Fakultas Teknik di Kampus Kenyeri Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Ilmiah Kurva Teknik, 14(2), 167–173. https://doi.org/10.36733/jikt.v14i2.12534