Pengenalan Tindakan Anti-Korupsi Di Lingkungan Sekolah Dalam Rangka Menciptakan Generasi Bangsa Bebas Korupsi

Authors

  • Rahmatul Khasanah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya
  • Nuriah Mufidah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya
  • Muhammad Fahmi Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya
  • Angga Kurniawan Equality Law Firm

Keywords:

anti-korupsi, bebas korupsi, generasi bangsa, korupsi, sekolah

Abstract

Korupsi menjadi problematika yang berada di tingkat pertama di Negara Indonesia. Maraknya kasus korupsi di Indonesia yang telah merambah ke berbagai elemen pemerintahan membuat Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengambil tindakan preventif untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa, yaitu menggandeng kementrian pendidikan untuk menggalakkan gerakan anti korupsi di dunia pendidikan. Pendidikan anti korupsi sangat diperlukan untuk para pemelajar di seluruh kalangan, mulai dari PAUD hingga Pendidikan Tinggi. Untuk merealisasi program Pendidikan Anti Korupsi perlu diadakan pengenalan pendidikan anti korupsi dengan berbagai macam cara salah satunya penyuluhan. Penyuluhan tentang pengenalan tindakan anti-korupsi di sekolah diharapkan bisa menyelamatkan generasi muda penerus Bangsa Indonesia agar tidak terjerumus ke dalam tindakan yang keliru dan sudah membudaya di Negara Indonesia. Para siswa memiliki pengetahuan baru tentang korupsi, faktor-faktor penyebab korupsi, kerugian dari tindakan korupsi dan contoh perilaku korupsi dalam kehidupan sehari-hari.

Author Biographies

Nuriah Mufidah, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya

Lecturer of English Literature Department in Sekolah tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya, Surabaya

Muhammad Fahmi, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa dan Sastra (STIBA) Satya Widya

Lecturer of English Literature Department in STIBA Satya Widya, Surabaya

Angga Kurniawan, Equality Law Firm

A professional lawyer of Equality Law Firm and professional practitioner of four antis program in STIBA Satya Widya

References

Adisusanto dkk. 2013. Modul Kepemimpinan Berintegritas. Jakarta: Yayasan Bhumiksara

Arliman S, Laurentius. 2016. Konsep dan Gagasan Pengenalan Pendidikan Anti Korupsi Bagi Anak Dalam Rangka Mewujudkan Generasi yang Bebas Korupsi. Jurnal Lex Librum, Vol. III, No. 1, Desember 2016, hal. 389-400. https://stihpada.ac.id/system/App/Post/files/000/000/109/original/121603.pdf

Chomsky, N. 2006. Language and Mind. Cambridge: Cambridge University Press.

Dua, M, Ujan, A.A., Gunawan, T.S., Ristyantoro, R. 2019. Etika Antikorupsi: Menjadi Professional Berintegritas. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK.

Halimang, Dr. ST. M.HI. & Asnawan (Eds). 2020. Pendidikan Anti Korupsi Pendekatan Hukum Indonesia. Yogyakarta: Bildung.

Harini. 2016. ICW dan EHEM (Niat dan Kesempatan untuk Korupsi Harus Dicegah Sedini Mungkin). Diakses 27 Maret 2021 (http://sesawi.xyz/2016/11/03/icw-dan-ehem-niat-dan-kesempatan-untuk-korupsi-harus-dicegah-sedini-mungkin-dimulai-dari-membangun-integritas-diri/#).

Kuhl K.P. et al. 2021. Scientist In The Crib: What Early Learning Tells Us In About The Mind. Toronto: Harper Collins Publisher.

Pendidikan Anti Korupsi. 2020. (Online) (https://itjen.kemdikbud.go.id/web/pendidikan-antikorupsi-sejak-dini) Accesed on February 4th, 2024.

Sofia, Asriana Issa, M.A. et al. 2020. Modul Untuk Mahasiswa: Pendidikan Anti Korupsi. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK.

Wibawa, Dhevy Setya, et al. 2021. Pendidikan Anti Korupsi sebagai Tindakan Preventif Perilaku Korupsi. Muqoddima Jurnal Pemikiran dan Riset Sosiologi 2(1), 2021:1-18 http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17177/1/Pendidikan%20Anti Korupsi_St%2C%20Halimang.pdf

Downloads

Published

2024-04-20