Bernyanyi Sebagai Metode Pembelajaran Di TK Annabil Gelok Mulya Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Majalengka

Authors

  • Ainur Rofiq STAI Ma'had Ali Cirebon

Keywords:

bernyanyi, metode, perasaan

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun. Sedangkan hakikat anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosio emosional, kreativitas, Bahasa dan komunikasi yang khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut. Hal ini menunjukkan Pendidikan pada masa anak-anak sangat penting. Bernyanyi sangat baik digunakan untuk mengungkapkan kemampuan, perasaan, dan keinginan anak. Bernyanyi akan memberikan kesempatan pada anak pra sekolah untuk dapat mengekpresikan apa yang ada dalam dirinya dan apa yang dirasakan. Penelitian ini mendeskripsikan Hasil dari penerapan metode bernyanyi di TK Annabil Gelok Mulya Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.

References

Ahmad Tafsir. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet Ke-7, (Bandung: PT.RemajaRosdakarya Offset, 2003), h. 9.

Al-Qur`an Surah Ali Imran Ayat 139.

Aryenis, “ Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di taman Kanak-Kanak Restu Ibu” (Skripsi, Universitas Negeri Padang, 2018), 13.

Astuti, H. P. (2013). Perkembangan Anak. Jogjakarta: Deepublish.

Augusta, Pengertian Anak Usia Dini. Dari http://infoini.com/pengertian Anak Usia Dini 2012

Diana Fera , “ Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan” ( Skripsi, Universitas Bengkulu, 2013), 15.

Diana Fera, Penerapan Metode Bernyanyi dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kercerdasaran Kinestetik Anak di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, diakses darirepository.unib.ac.id/4156/1/I,II,III-1-13-FER-FI.pdf, (Rabu, 27 November 2019, Pukul 15.37 WIB)

Fadillah, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenamedia Group), 2014

Fathur, Rasyid, Cerdaskan Anakmu Dengan Musik (Yogyakarta: Diva Press, 2010), h. 148)

Foley, Mary. B. (2006). The Music, Movement and Learning Connection:A Review. ProQuest Professional Education. 82. 3. 176

Iskandar, Metodologi Penelitian dan sosial kuantitatif dan kualitatif (Gaung Persada: Jakarta, 2008), h 253-254

Ismawati Esti,Umaya Faraz, Belajar Bahasa Di Kelas Awal (Yogyakarta: Penerbit Ombak,2017), h. 76 http://kbbi.web.id/ (diakses pada 4 Maret 2016)

Jamalus. (1988) Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud

John W Santrock, Adolescence Perkembangan Remaja,338.

Latif, et al. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya,2015) h.59

M. Fadlillah, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana) 2014, hal.42-43

Ma`rifah, I, Strategi Pembelajaran BCM ( Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Membina Akhlaq Anak Usia Dini, Skripsi, ( Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2009), 12.

Ma`rifah, I., “ Strategi pembelajaran BCM ( Bermain, Cerita Menyanyi) Dalam Membeni Akhlak Anak Usia Dini” ( Skripsi, UINN MAULANA MALIK IBRAHIM, Malang, 2009),43

Madyawati Lilis, Strategi Bernyanyi Pada Anak, (Jakarta, Prenamedia Group), 2015, h. 141

Mahmud, AT. (1995). Musik Dan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

MutiahDiana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, ( Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2012), 23.

Muzdalifah M.Rahman, Peran Orangtua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini, (Jawa Tengah: Jurnal STAIN Kudus) Hal. 378

Muzdalifah M.Rahman, Peran Orangtua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini, (Jawa Tengah: JurnaL STAIN Kudus) Hal 381

Nohan Riodani,”Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku Islami Siswa di SMK N 1 Boyolangu Tulung Agung” (Skripsi Sarjana; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Tulung Agung ,2015), h 76-78

Nurmaniah dan Ikadamyanti, “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi Di PAUD Bineka Desa Sukarama Langkat” ( Skripsi, 2018),

Observasi di TK Dharmawanita Banyuwangi, 16 November 2021.

Opsasi Olivantina, Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Stick, (Jakarta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)

Ortiz, M.John, Nurturing Your Child With Music, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002) Hal. 92

Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Empowermet, Vol. 4 No. 2 (September 2014), h. 141.

Pendekatan Visual Auditorial Kinestik . Jurnal ( Surakarta : FKIP UMS, 2008), 56.

R, Lestari. Nyanyian Sebagai Metode Pendidikan Karakter Pada Anak, Prosiding Seminarr Nasional Psikologi Islam No. B 06, 3. (2012), 12

Raharjo Bian, Iswaningtyas, Strategi Menciptakan Lagu Komersial Untuk Pembelajaran AUD, (Kediri: Jurnal FKIP Universitas Nusantara PGRI)

Rukiah Bur Badi Nasution, Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri AUD Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA AN-NIDA, Jurnal.

Samsudin, pembelajaran motorik di taman kanak-kanak, ( Jakarta : PT. Fajar Interpratama, 2008), 23.

Satori Djam’an dan Komariyah Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif ,h 129-130

Satori Djam’an dan Komariyah Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif ,h 148-149

Setyawan Dedy, Seni Musik dan Lagu AUD (Anak Usia Dini), DIKTAT, Hal.15

Sri Wahyuni, “ Upaya Meningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida” ( Skripsi, Universitas Muhamadiyah Makasar, 2017), 15.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Suparman S, Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, (Yogyakarta, Pinus Book Publisher), 2010, Hal 181

Susilawati “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa

Susilwati, Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Vol. 4 No. 2 ( September 2014), 26.

Sutikno, M. Sobry, Strategi Belajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islam, ( Bandung: PT Refika Aditama, 2009), 16.

Suyanto, S. (2003). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Renika Cipta

Tama Sofiani, Mingkatkan Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui

Titin Rohayati, Kepala Sekolah TK Annabil Gelok Mulya, Wawancara, Gelok Mulya, 15 Mei 2023, jam 10.30 WIB

Triana Punggi Rahayu, Anita Chandra D.S, Upaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Permainan Lompat Tali Pada Kelompok A di TK Simbar Wangi, Kecamatan Kayen, Kabupaten PATI, Jurnal.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sidiknas. Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika, 2016

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2008), h. 145.

Downloads

Published

2023-08-20