Pemberdayaan Manajerial Usaha Kelompok Pengerajin Tedung Di Desa Sampalan Tengah Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung

Authors

  • Ni Made Santini Universitas Warmadewa Denpasar
  • Ni Made Tamansari Universitas Warmadewa Denpasar
  • Made Pratiwi Dewi Universitas Warmadewa Denpasar

Keywords:

desa sampalan tengah, kerajinan tedung

Abstract

Agama Hindu di Bali sering melaksanakan yadnya, melaksanakan upacara yadnya yang mengunakan beberapa pelengkap upakara, salah satunya tedung. Penggunaan tedung dalam upacara keagamaan Hindu menunjukan pentingnya simbolisme dan ritual dalam agama Hindu, ini meniliki makna mandalam dan tujuan tertentu untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan dan alam semesta. Melihat potensi ini maka Universitas Warmadewa selaku institusi pendidikan ikut berkontribusi didalam melestarikan dan mengembangkan potensi yang dimiliki pengrajin tedung tersebut. Pengembangan dan pendampingan baik dari pengadaan sarana dan prasarana, pelatihan dan pembelajaran terkait pembuatan laporan keuangan, pemasaran diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kelangsungan hidup usaha tedung di masa yang akan datang. Kelompok pengrajin tedung yang diketuai oleh Ibu Ketut Ariani yang beralamat di Banjar Pakel, Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung diharapkan dapat merasakan kontribusi dari program dengan meningkatnya kapasitas produksi, peningkatan pemasaran melalui aplikasi media sosial dan, peningkatan kualitas SDM, peningkatan penjualan dan asset perusahaan. Metode pelaksanaannya dengan memberikan pendampingan pembuatan dan perancangan sistem laporan keuangan sederhana, pendampingan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas produksi, pelatihan dalam penggunaan whatsapp business dan titik lokasi pada google map, dan pengadaan peralatan yang sudah rusak.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.

Amalia, D. (2020). Pengertian, Jenis Dan Perkembangan UMKM di Indonesia. Jurnal by Mekari, 1.

Amrita, N., & Handayani, M. (2021). Tedung Bali Craft Business Development: SWOT Analysis and Marketing Strategy. International Journal of Social Science and Business, 5(1), 1-7.

Desa Sampalan Tengah. (2022, Desember 14). Data Demografi Berdasarkan Pekerjaan. Retrieved from Website Resmi Desa Sampalan Tengah: https://sampalantengah.desa.id/first/statistik/1

Jay, H., & Render, B. (2017). Manajemen Operasi, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2019). Analisa Laporan Keuangan, Cetakan 12. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Marketing Management. Erlanga.

Kusumawijaya, I. (2017). PKM Pengerajin Tedung Desa Mengwi di Kabupaten Badung, Bali. Prosiding TIM.

Nuriarta, I., & Bratanatyam, I. (2018). Nilai-Nilai Tradisi dan Modernitas Pada Karya Nyoman Gunarsa. Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 6(2), 72-80.

Roy, G. (2013). Craft and Globalization: A Contemporary Place for Traditional Practices. Journal Studio FYNN.

Sudiatmika, A. A., Sadia, I., & Supir, I. (2017). Komodifikasi Tedung Upacara Menjadi Lampu Hias. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, (pp. 416-422).

Downloads

Published

2023-08-20