Program Perbaikan Sanitasi Lingkungan Aliran Sungai Pai Pada RW 12 RT 1 Dan 3 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar

Authors

  • Fransiskus Randa Universitas Atma Jaya Makassar
  • Paulus Tangke Universitas Atma Jaya Makassar
  • Maria Yessica Halik Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar

Keywords:

aliran sungai, banjir, sanitasi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada Sungai Pai Kelurahan Pai dengan tujuan utama adalah membersihkan kurang lebih 300m aliran sungai pai yang telah ditumbuhi pohon-pohon besar dan sampah serta timbunan pagar yang roboh. Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar aliran sungaiĀ  agar mencintai sungai dimasa sekarang dan masa akan datang. Kegiatan dimulai dengan musyawarah dengan penduduk sekitar, bersama-sama membersihkan aliran sungai dan melaksanakan program cinta sungai Pai. Rangkaian kegiatan tersebut sebagai upaya membangun kebersamaan untuk mencintai sungai. Hasil kegiatan yang dicapai mampu mereduksi banjir di kompleks perumahan dan mulai timbul kesadaran masyarakat sekitar untuk secara berkala membersihkan aliran sangai Pai di sekitar pemukiman penduduk.

References

Emba, M. (2022, November 18). makassar Tribun. Retrieved from Makassar Tribun: https://makassar.tribunnews.com/2022/11/18/basarnas-makassar-banjir

Islamiyah, N. Q. (2022). Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan di Era Pandemi Covid -19 . Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial , 1-12.

Kamiana, I. M. (2018). Hidraulika: teknik Perhitungan Pada Aliran Terbuka Dan Tertutup. Yogyakarta: Teknosain.

Ridwan, A. (2021). Penaganan dan Pengolahan Sampah (Studi implementasi Kebijakan Pengolahan Sampah di Kabupaten Banjar. Yogyakarta: Bintang Pustaka Mandiri.

Saitullah, M. I. (2022). Correlation of populationand the High Polution of Household waste in Fakkie Vilage, Pinrang. Continuum, 1-13.

Sjafian, D. M. (2023). Eksploitasi Air Tanah sebabkan Banjir. Jakarta: OCB (Besiswa untuk Indonesia.

Sosrodarsono, S. (2008). Perbaikan dan Pengaturan Sungai. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sumaatmadja, N. (2012). Manusia: Dalam Konteks Sosial Budaya dan LingkunganHidup. Bandung: Gramedia.

Sumarwoto, O. (1994). Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Syarifudin, A. (2017). Drainase Perkotaan Berwawasan Lingkungan. Yogyakarta: Andi.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2023-08-20