Sosialisasi, Edukasi Dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Melalui Gerakan Peduli Sampah Sedari Dini Di TK Masyitoh Melikan Bantul Yogyakarta

Authors

  • Amyati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta

Keywords:

edukasi, gerakan, peduli, pengelolaan sampah

Abstract

Sejak dini anak harus diajarkan cara pengelolaan sampah yang tepat dengan memisahkan sampah kering dan basah, organik dan anorganik.Tujuan pengabdian ini untuk mensosialisasikan, mengedukasi dan memberikan pelatihan terkait pengelolaan sampah kepada siswa di Taman Kanak-Kanak di Melikan Wonolelo. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan edukasi dan sosialisasi melalui metode ceramah, simulasi, dan pemberian fasilitas tempat sampah untuk mendukung pengelolaan sampah. Masalah utama dalam upaya pengelolaan sampah adalah belum adanya pemisahan dan pengelolaan sampah basah dan kering, organik dan anorganik. Sosialisasi dan edukasi terkait pengelolaan sampah ini perlu dilakukan sejak usia dini agar seiring adanya peningkatan pengetahuan khususnya bagi anak – anak usia taman kanak –kanakagar memilik kesadaran dan partisipasi dalam pengelolaan sampah yang mereka hasilkan dari kegiatan sehari- hari baik disekolah maupun di rumah masing – masing. Hasil dari Sosialisasi, Edukasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah melalui gerakan esduli sampah sedari dini ini yaitu siswa siswi TK RA Masyitoh Melikan sebanyak 46 siswa menjadi semakin paham terkait pentingnya mengelola sampah dengan mengenali sampah organik dan anorganik. Sehingga tumbuh kesadaran untuk mealakukan pemilahan sampah organik dan organik serta membuangnya pada tempat yang benar sesuai jenisnya. Wujud dukungan dengan menyediakan fasilitas tempat sampah, memberikan poster edukasi dan buku bilingual untuk menambah pengetahuan terkait jenis- jenis sampah.

References

Astuti, S. P., Ristiawan, A., Ulya, A. U., Purwono, P., & Purnasari, N. (2019). Pengenalan Literasi Sampah Pada Anak-Anak Melalui Video Dan Permainan. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 3(2), 129-133.

Dessy, P., Anwar, I. C., Maarifudin, S., & Arisandi, V. (2019). Edukasi Kesehatan Konsumsi Sayur Dan Buah, Serta Pengelolaan Sampah Pada Anak– Anak Sd Negeri Kempong. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 179-184.

Jejak Pendidikan. 2017. Pengertian Taman Kanak – Kanak. http://www.jejakpendidikan.com/2017/10/pengertian-taman-kanak-kanak.html. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2022.

Munawarah, Siti. 2011. Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang Sampah dengan Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Sukosari Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.

Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. BIOEDUKASI, 7(1)

Undang- Undang Nomor 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39067/uu-no-18-tahun-2008

Downloads

Published

2023-08-20