Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 4 Nyalian, Klungkung

Authors

  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Mirah Mariati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Gde Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

adaptasi teknologi, administrasi sekolah, kampus mengajar angkatan 4, literasi, numerasi, sd negeri 4 nyalian,

Abstract

Kampus Mengajar merupakan kegiatan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan. Mahasiswa dibekali dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Kampus Mengajar Angkatan 4 dimulai dari tanggal 2 Agustus – 3 Desember 2022 (5 bulan lapangan dan 1 bulan pembekalan/1 semester) dan menyasar SD dan SMP yang berada pada daerah 4T (Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan wilayah Transmigrasi). Program kerja disusun berdasarkan metode observasi lapangan, wawancara dengan siswa, guru-guru dan kepala sekolah, penunjukkan guru pamong, dan dokumentasi. Kami bertugas di SD Negeri 4 Nyalian berkolaborasi bersama guru-guru telah tuntas melaksanakan program kerja yang berfokus pada penguatan Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Sekolah. Hasil dari kegiatan ini yaitu: barcode tanaman, majalah papan (mapan), pendampingan siswa dalam pembelajaran di kelas, pinjawara untuk siswa duta literasi dan numerasi, pelatihan adaptasi teknologi dalam pembelajaran maupun administrasi sekolah, pendataan perpustakaan, dan lain sebagainya.

References

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan., Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2022. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Direktorat Sekolah Dasar., Direktorat Jendral PAUD, Dikdas dan Dikmen. 2022. Buku Saku Penunjang sebagai Referensi & Inspirasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. 2022. Buku Saku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Agustus, 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kampus Mengajar Program. 2023. (Online). (https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar), Accesed on Januari 29th 2023

Kemendikbud. (2022). BUKU PANDUAN KAMPUS MENGAJAR Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Program Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemdikbud. (2022). Materi Pembekalan Mahasiswa Kampus Mengajar. (Online). (https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/4417528225817-Materi-Pembekalan-Mahasiswa-Kampus-Mengajar), diakses 6 Desember 2022.

Pardede, S. D., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5422-5431.

Downloads

Published

2023-08-20