Peningkatan Kompetensi Karyawan Dan Proses Pemasaran Pada PT. Suryagita Nusaraya Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Gede Cahyadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Asrilia Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

media sosial, protokol kesehatan, standar operasional prosedur

Abstract

Salah satu permasalahan yang terungkap dari hasil observasi di PT. Suryagita Nusaraya yaitu mengenai kemampuan karyawan yang belum memahami dengan baik sistem kerja berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di perusahaan. Selama masa pandemi PT. Suryagita Nusaraya juga merasakan dampak penurunan penjualan dikarenakan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah sehingga mempengaruhi aktivitas jual-beli perusahaan. Selain itu, diperlukan kesadaran dari seluruh anggota perusahaan mengenai penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar, agar terhindar dari bahaya virus Covid-19. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan pemasangan tempat cuci tangan dan himbauan, penyemprotan disinfektan, pemberian edukasi dan pelatihan mengenai sistem kerja sesuai SOP yang berlaku serta membantu membuatkan akun bisnis di media sosial yaitu Instagram. Adapun faktor pendukung keberhasilan kegiatan adalah kepala cabang dan seluruh staff perusahaan yang mendukung penuh kegiatan ini. Tersedianya fasilitas yang memadai seperti ruangan pelatihan dan jaringan internet, serta seluruh staff yang antusias dalam mengikuti materi pelatihan membuat program kerja dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

References

Arahmah, W., Pitri, P., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran yang Tepat Bagi Perusahaan dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Waralaba (Studi Kasus Toko Kopi Janji Jiwa). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3112-3118.

Budiraharjo, Ir., M. 2014. Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP. Cetakan 1. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Fajrillah. 2020. Smart Entrepeneurship: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Lestari, I. G. A. A. I., Yuliastuti, I. A. N., Artajaya, I. W. E., & Putra, I. G. C. (2019). Peningkatan Pemasaran Sanggar Seni Sekar Dewata Dalam Mewadahi Minat Dan Bakat Anak-Anak Difabel. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Musahidin, F. (2016). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan di PT Suryagita Nusaraya Dengan Metode Regresi Linier Berganda. Journal of Research and Technology, 2(1), 28-34.

Purwasih, N. W. W., Suryandari, N. N. A., & Endiana, I. M. D. (2019). Pendampingan Pt. Circleka Indonesia Utama Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Dan Memuaskan Kebutuhan Konsumen. Jurnal Abdi Saraswati, 1(1), 6-11.

Viana, E. O. (2020, October). Strategi Bertahan Perusahaan di masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 160-168).

Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., & Giri, I. K. S. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UKM Asri Jewellery Dalam Menjaga Eksistensinya Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sewaka Bhakti, 6(1), 52-62.

Downloads

Published

2022-08-20