Standarisasi Pembelian Produk Pada PT. Surticon Buana Perkasa

Authors

  • Putu Doddy Heka Ardana Universitas Ngurah Rai
  • I Komang Januartana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pelanggan, semen, standar operasional prosedur (sop)

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan sekumpulan peraturan, pedoman, atau acuan yang dibuat oleh suatu perusahaan, yang berisikan urutan kronologis suatu prosedur acuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara yang paling efektif. Jika suatu perusahaan tidak menggunakan SOP, tentu saja akan menyulitkan perusahaan dalam mencatat dan memonitoring perusahaannya dan akan dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Pada PT. Surticon Buana Perkasa, penerapan SOP untuk pembelian semen masih kurang, dimana masih banyak pelanggan yang bingung jika ingin membeli semen langsung ke gudang, sehingga seringkali terjadi kesalahan alur pembelian semen. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk membuat SOP untuk pembeli semen agar pelanggan tidak kebingungan lagi dalam melakukan pembelian semen langsung ke gudang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada pelanggan mengenai SOP dan alur-alur untuk pembelian semen langsung ke gudang. Hasil dari dilaksanakannya program kerja ini, yaitu dapat mempermudah pelanggan yang ingin membeli semen sehingga tidak terjadi kebingungan atau kesalahan lagi.

References

Arnina P. 2016. Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP.

Hab, N. L. 2014. Manajemen Pelayanan Berbasis SOP (Standar Operasional Prosedur) Pada Bank BNI Syariah Cabang Tangerang.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/cara-menggunakan-disinfektan/. diunduh tanggal 17 Maret 2021.

https://semengresik.sig.id/id/prosesproduksi#:~:text=Dua%20bahan%20baku%20utama%20yang,dan%20hasilnya%20ditumpuk%20berbentuk%20pile. diunduh tanggal 17 Maret 2021.

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-6-cara-mencuci-tangan-yang-benar. diunduh tanggal 17 Maret 2021.

Irawati, R., & Hardiastuti, E. B. W. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Proses Pembelian Bahan Baku, Proses Produksi dan Pengemasan pada Industri Jasa Boga. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 4(2), 186-193. diunduh tanggal 17 Maret 2021.

Junaedi, I. W. R., Utama, I. G. B. R., Waruwu, D., & Yuliastuti, I. A. N. (2021). Peningkatan Pengetahuan Kewirausahaan Dalam Pengembangan Desa Wisata Herbal Catur Kintamani Mengwi. Jurnal Dharma Jnana, 1(3), 179-192.

Mukti, T. C. 2017. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan terhadap kepuasan konsumen. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 14-26.

Taufiq, A. R. 2019. Penerapan standar operasional prosedur (SOP) dan akuntabilitas kinerja rumah sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan, 12(1), 56-66.

Yuliastuti, I. A. N., Putri, I. A. S. A., Junaedi, I. W. R., & Putra, I. D. M. A. P. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Artha Wiguna. Jurnal Dharma Jnana, 2(1), 50-58.

Downloads

Published

2022-08-20