Peningkatan Pemasaran Dupa Bodhisattva Di Desa Lodtunduh, Ubud, Gianyar

Authors

  • Gine Das Prena Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Ega Yulianti Utami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

dupa, katalog produk, sosial media, strategi pemasaran

Abstract

UMKM Dupa Bodhisattva merupakan salah satu produsen dupa yang memulai usahanya dari Tahun 2021, yang bertempat di Desa Lodtunduh, Ubud, Gianyar. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Dupa Bodhisattva yaitu pada bagian pengelolaan manajemen dan pemasaran. Solusi yang diberikan yaitu berupa pembuatan dan pemasangan poster, pendampingan dalam pembuatan daftar harga produk, pembuatan foto produk, pembuatan desain katalog, dan pendampingan dalam pengelolaan sosial media. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan yaitu karyawan semakin sadar dan paham akan pentingnya menggunakan masker dan mencuci tangan untuk kesehatan terutama saat melakukan produksi. UMKM Dupa Bodhisattva Bali kini sudah memiliki daftar harga produk yang lengkap beserta foto produk yang memudahkan pelanggan atau pembeli untuk mengecek harga tiap jenis produk secara online. Hasil kegiatan pengabdian lainnya yaitu adanya peningkatan dalam penjualan setelah dilakukan pendampingan dalam pengelolaan sosial media  karena jangkauan pemasaran dupa UMKM Dupa Bodhisattva Bali yang semakin luas.

References

Siahaineinia, H. E., & Bakara, T. L. (2020). Persepsi masyarakat tentang penggunaan masker dan cuci tangan selama pandemi Covid-19 Di Pasar Sukaramai Medan. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(1), 172-176.

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Kasih, N. L. S., Adnyana, I. P. A., & Damayanti, K. R. G. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Internet Marketing, Akutansi Dan Manajemen Keuangan Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Produk. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(1), 104-109.

Kurniasih, D. (2021). Penyusunan Laporan bagi para Pendamping UMKM di Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(2), 56-62.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.V. Wadhwa dkk, (2017). Maximizing the Tweet Engagement Rate in Academia: Analysis of the AJNR Twitter Feed. Diunduh tanggal 19 Maret 2022 pada http://www.ajnr.org/content/38/10/1866.short

Nirmala, Endar. (2018). Buku “Pemasaran Online”. Pusat Pengembangan Pemberdayan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata.

Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., & Giri, I. K. S. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UKM Asri Jewellery Dalam Menjaga Eksistensinya Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sewaka Bhakti, 6(1), 52-62.

Downloads

Published

2022-08-20