Pemberdayaan UMKM Jajan Begina Di Desa Sampalan Klod Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung
Keywords:
Desa Sampalan Klod, jajan begina, penjualanAbstract
Sektor UMKM menjadi mesin baru perekonomian untuk mengatasi krisis. Namun, UKM menghadapi berbagai kendala tidak hanya di Bali tetapi di seluruh Indonesia selama pandemi COVID-19. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini ialah memberikan pengetahuan mengenai peningkatan penjualan yang berupa pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran. Hasil PKM ini telah mengarah pada peningkatan penjualan mitra.
References
Astakoni, I. M. P., Swaputra, I. B., Wardita, I. W., & Richadinata, K. R. P. (2022). Pkm Pada Industri Kreatif Tedung Tradisional Bali Melalui Penguatan Manajemen Usaha Dan Pengaturan Layout Kerja I Made Purba Astakoni. Jurnal Pengabdian Nasional, 02(01), 45–51.
Fadhilah S, N. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Pada Kelompok Usaha Rumah Tangga Binaan Yayasan Econatural Society Di Kabupaten Kepulauan Selayar). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, 8.
Fitri, R., & Bundo, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan Di Kota Padang. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2). Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V4i2.379
Lestari, P. F. K. dan Astakoni, I. M. P (2020). Peningkatan Daya Saing Produk Tedung Bali Menembus Pasar Ekspor. Paradharma Jurnal 3(2), 135–141. Http://Jurnal.Undhirabali.Ac.Id/Index.Php/Para_Dharma/Article/View/1049
Manuaba, I., Ekajayanti, L., & Ganawati, N. . . (2022). Pkm Kerajinan Kayu Banjar Bayad Sebagai Bentuk Usaha Ekonomi Produktif Desa Kedisan Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar. Jurnal Keberlanjutan 1(3), 168–172. Https://Journalkeberlanjutan.Com/Index.Php/Ahjpm/Article/View/429
Martini, R., Miati, M., & Wahyudi, A. (2021). PKM Pengelolaan Usaha Kerajinan Tedung Bali Di Desa Mengwi, Kabupaten Badung. International Journal Of Community Service Learning, 5(2), 121–128. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V5i2.34582
Pramuki, N. M. W. A., & Kusumawati, N. P. A. (2020). The Influence Of Product Innovation , Digital Marketing And Competitive Advantage In Improving The Marketing Performance Of Small And Medium Industries In Bali. Advances In Economics, Business And Management Research, Volume 175 “Proceedings Of The 2nd International Conference On Business And Management Of Technology (Iconbmt 2020),” 175, 248–254.
Satya, N. P. P. S., & Pramuki, N. M. W. A. (2021). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Empiris Pada Umkm Se-Kecamatan Tampaksiring). Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 109–132. Https://Ejournal.Unhi.Ac.Id/Index.Php/Hak/Article/Download/2000/1187
Senimantara, N., Amlayasa, A. A. B., & Riasning, N. P. (2022). Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Jajan Banten Di Desa Ubung Kaja-Denpasar. Jurnal Sewaka Bhakti Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hindu Indonesia Denpasar, 8(2019), 111–121.
Yuliantari, N. P. Y., & Pramuki, N. M. W. A. (2021). The Role Of Digital Transformation And Digital Innovation To Smes Performance In. International Journal Of Science And Management Studies (Ijsms), 4(6), 8–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51386/25815946/IJSMS-V4i6p102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dharma Jnana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.