Pendampingan Guru PAUD Upaya Pengembangan Karakter Resiliensi Belajar Melalui Inovasi Pembelajaran
Keywords:
anak usia dini, inovasi pembelajaran, resiliensiAbstract
Pengabdian ini mencoba memberikan pengetahuan dan pemahaman betapa pentingnya optimalisasi peran guru dalam memperkuat resiliensi anak usia dini pada masa adaptasi kebiasaan baru. Tahap menyusun artikel ini menggunakan studi literatur yang menggunakan berbagai referensi yang mendukung proses pengabdian yang dilakukan di masyarakat. Selain itu, untuk mengetahui secara nyata keadaan real, maka penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada beberapa responden. Pengabdian ini berkaitan dengan bagaimana konsep inovasi pembelajaran sebagai strategi untuk menghadapi tantangan resiliensi anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Hasil pengabdian ini selain untuk memberikan inovasi pembelajaran anak usia dini, juga berupaya untuk meningkatkan kualitas hubungan guru dan siswa PAUD.
References
Adhiputra, M. W. 2022. Pelatihan Penggunaan Aplikas Zoom di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Batungsel Dalam Kampus Mengajar Angkatan III. Dharma Jnana Vol 2 (2), 96-109.
Ayun, K. 2021. Upaya Resiliensi Menghadaopi Miskonsepsi dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi Mencetak Calon Pendidik Pascapandemi. Tulungagung: Acadmia Pustaka.
Chadwick, S. 2014. Impacts of Cyberbullying, Building Social and Emotional Resilience in Schools Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-331904031-8.
Folke, C. 2016. Resilience (Republished) (Vol. 21, Issue 4).
Hijon, Antonio Coronado. 2017. Academic resilience: a transcultural perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences 237 (2017) 594 – 598. doi: 10.1016/j.sbspro.2017.02.013
Indrawati, T. 2019. Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226
Kemendikbud. 2020. Mengembangkan Ketangguhan Anak Sejak Dini. Jakarta.
Mariati, N. P. A. M., Dewi, N. L. P.S., dan Sudiarsa, I. W. 2022. Pelaksanaan MBKM melalui “Kampus Mengajar Angkatan 2” Di SD Negeri 15 Pemecutan. Dharma Jnana Vol 2 (1), 27-35.
Roellyana, S. Listiyandini, R. A. 2016. Peranan Optimisme Terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal 1 (1). Fakultas Psikologi Universitas YASRI.
Volrath, D. 2019. Hurdling resilience through habits of mind. The Institute for Habits of Mind. (online). Diakses 19 Maret 2020. https://www.habitsofmindinstitute.org/hurdling-resilience-through-habits-of-mind/.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dharma Jnana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.