Strategi Peningkatan Efektivitas Produksi Dan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Inti Bali Glass Di Desa Belega Kabupaten Gianyar

Authors

  • I Gede Cahyadi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Aditya Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

inti bali glass, pelatihan, pendampingan, standar operasional prosedur

Abstract

Inti Bali Glass adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Pada perusahaan Inti Bali Glass terdapat masalah di bidang sumber daya manusia (SDM) dimana pada saat ini mitra belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam produksi dan kemasan/packing yang dilakukan oleh karyawan tingkat keamanannya masih kurang. Hal ini menyebabkan keefektifan kerja karyawan menjadi menurun, sehingga membuat kualitas produk yang dihasilkaan tidak berkualitas dan kemasan/packing yang keamanannya masih kurang menyebabkan barang yang dikemas mudah rusak/pecah. Metode pelaksanaan yang digunakan untukmeningkatkan efektifitas produksi danĀ  sumber daya manusia pada Inti Bali Glass yaitu dengan mengadakan pelatihan, pendampingan pembuatan dan pelaksanaan SOP produksi serta pelatihan dan pendampingan tentang cara melakukan pengepakan yang baik dan benar. Hasil yang dicapai yaitu karyawan telah mampu menggunakan SOP serta melakukan setiap langkah-langkah dalam melakukan kegiatan produksi di era pendemi covid-19 dan karyawan juga telah mampu memahami cara melakukan packing yang baik dan benar sehingga proses pengepakan berjalan sesuai dengan arahan yang diberikan.

References

Afrianti, Novi, and Cut Rahmiati. "Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan covid-19." Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 11.1 (2021): 113-124.

Budihardjo. (2014). Panduan Praktis Menulis SOP. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fatimah, E. N., H.B. Jenar, A. Arditya, P.Alviani, 2015, Strategi Pintar Menyusun SOP (Standard Operating Procedure), Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press

Sutaryo. (2020). Buku Praktis Penyakit Virus Corona 19 (Covid-19). Yogyakarta: UGM Press.

Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., & Giri, I. K. S. (2019). Quantity and Quality of Production The Asri Art Bone Waste Carving. Journal of the Community Development in Asia (JCDA), 2(3), 1-6.

Downloads

Published

2022-04-20