Sosialisasi Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kue Tradisional Warung Ibu Meriyanti Untuk Meningkatkan Pendapatan

Authors

  • Dessy Anggraini UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Aztyara Ismadharliani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mellya Embun Baining UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Beid Fitrianova Andriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Neneng Sudharyati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khusnul Istiqomah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nova Erliyana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Indah Permatasari Putri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

pendapatan, perkembangan teknologi, strategi pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi serta persaingan dalam usaha kian tinggi, menjadikan pelaku UMKM diharuskan memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Supaya usaha yang dijalankan bisa berkembang dan memperoleh hasil yang maksimal perlu adanya strategi pemasaran yang efektif. Setiap usaha syariah tidak lepas dari prinsip syariah guna meminimalisir kecurangan atau kebathilan. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa kegiatan jual beli diperbolehkan selama kegiatannya tidak menyimpang dari ajaran syariat Islam, maka semua bentuk transaksi pemasaran diperbolehkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Warung Ibu Meriyanti dalam menghadapi persaingan dan bagaimana dampak dari dilakukannya strategi pemasaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran UMKM kue tradisional Warung Ibu Meriyanti telah sesuai dengan prinsip syariah. Wawancara dengan informan menunjukkan adanya kenaikan pendapatan total keseluruhan dari tahun 2023 sebesar Rp 25.600.000, kemudian naik menjadi Rp 28.350.000 pada tahun 2025. Maka dari itu terlihat bahwa dalam 2 tahun terakhir mengalami kenaikan pendapatan sebesar 1,2% dari dilaksanakannya strategi pemasaran yang dilakukan.

References

Arliman S, L. (2017). Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3).

Farida, N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Solo: CAKRA BOOKS (Vol. 1, Nomor 1).

Kholifah, K. (2018). Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada Bisnis MLM Paytren (Studi Kasus Pada Mitra Paytren Cab. Semarang).

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa –Journal Of Islamic Studies, 4(1).

Rif’an, M., Aisyah, S., Fatma, F., & Ferdiawan, F. (2019). Strategi Pemasaran Produk Khas Daerah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1).

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Silfiana, V. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatakan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkmkrulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatakan Volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkmkrulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

Suparyanto & Rosad. (2015. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Menggunakan Analisis Swot Pada Umkm Anugerah Collection Brebes.

Yudityawati, D. K., & Fitriyah, H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1).

Downloads

Published

2025-08-20