Literasi Calon Investor Muda Sukses Di Masa Depan

Authors

  • I Komang Arthana Universitas Nusa Cendana
  • Hardo Aprilio UNIVERSITAS NUSA CENDANA
  • Sergius Fribontius Bon UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Keywords:

edukasi investasi, investor muda, literasi keuangan

Abstract

Kemampuan kepahaman literasi keuangan merupakan salah satu keahlian penting bagi para generasi muda untuk menghadapi ekonomi di masa depan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan kepada para calon-calon investor muda melalui edukasi dan pendampingan terkait pengelolaan keuangan pribadi dan investasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan kurang lebih 50 peserta yang berusia 17-23 tahun yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana di kota Kupang. Metode yang digunakan merupakan seminar dengan berfokus pada instrumen pasar saham, reksa dana, dan obligasi. Program ini memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan generasi muda yang lebih literat secara finansial dan mampu mengambil keputusan investasi yang bijak. Implikasi dari kegiatan ini adalah pentingnya keberlanjutan program literasi keuangan melalui kolaborasi antara institusi pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta untuk menciptakan masyarakat yang lebih sadar keuangan khususnya di golongan generasi muda.

References

Afandy, C., & Niangsih, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. The Manager Review, 2(2), 68–98. https://doi.org/10.33369/tmr.v2i2.16329

Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2012). Measuring financial literacy: results of the OECD infe pilot study. OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions, 15(15), 1–73.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297

de Clercq, B. (2019). A comparative analysis of the OECD/INFE financial knowledge assessment using the Rasch model. Empirical Research in Vocational Education and Training, 11(1), 1–29. https://doi.org/10.1186/s40461-019-0083-1

Kartini, T., & Mashudi, U. (2022). Literasi Keuangan (Financial Literacy) Mahasiswa Indekos Calon Pendidik Ekonomi Fkip Universitas Jember. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2), 154–164. https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6648

Mendari, Anastasia Sri & Kewal, S. S. (2013). Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE Musi. Jurnal Economia, 9, 2.

Napitupulu, J. H., Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(3), 138–144. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p138-144

Otoritas Jasa Keuangan. (2024). SP OJK dan BPS Umumkan Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024. 1–6. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2024.

Pane, N., & Payong, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Mahasiswa Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi di Era Digital. 4(1), 1004–1016. https://doi.org/http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index ISSN:

Vogels, E. A., Risa, G.-W., & Navid, M. (2022). Teens, Social Media and Technology 2022. Pew Research Center, August. https://www.pewresearch.org/wp-content/uploads/sites/20/2022/08/PI_2022.08.10_Teens-and-Tech_FINAL.pdf

Downloads

Published

2025-04-20