Pelatihan Keuangan Digital Dan Pengelolaan Usaha Bagi Komunitas Berpendapatan Rendah

Authors

  • Claudio Julio Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Frischa Faradilla Arwinda Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus

Keywords:

komunitas berpendapatan rendah, pelatihan keuangan digital, pengelolaan usaha, pengetahuan keuangan

Abstract

Pelatihan keuangan digital dan pengelolaan usaha bagi komunitas berpendapatan rendah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola keuangan pribadi serta mengembangkan usaha kecil. Fokus utamanya adalah memberikan pemahaman yang luas dan praktis tentang pengelolaan keuangan kepada orang-orang di daerah yang memiliki sumber daya keuangan terbatas. Mereka juga akan menawarkan rencana bisnis yang menguntungkan. Kami memeriksa berbagai pendekatan pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan dan kemampuan komunitas dalam konteks ini, dan kami menawarkan solusi praktis. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat untuk membantu komunitas berpendapatan rendah mengembangkan keterampilan keuangan digital dan manajemen usaha; ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam pengelolaan keuangan dan membantu mereka mendirikan usaha kecil.

References

Banerjee, A., Karlan, D., & Zinman, J. (2015). Six Randomized Evaluations of Microcredit: Introduction and Further Steps. American Economic Journal: Applied Economics, 7(1), 1–21. https://doi.org/10.1257/APP.20140287

Gine, X. , & Martinez Cuellar, C. (2020). How well do we understand the magnitude and importance of impacts of financial inclusion? World Development. 104697, 125.

Imam Arrywibowo SU, Nurlia, & Claudio Julio Mongan. (2023). PELATIHAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN USAHA BAGI KOMUNITAS BERPENDAPATAN RENDAH. 4, 11365–11370.

Johnson, E. , P., S., S. M. , & Sweeney, B. (2017). The Role of Financial Services in Achieving Sustainable Development Goals (SDGs). Journal of International Development. 839–854, 7–29.

Karlan, D. , Z., J., G. N. , & Maesch, M. V. (2014). Getting to the top of mind: How reminders increase saving. 1860–1878, 8–60.

Karlan, D., & Valdivia, M. (2011). Teaching Entrepreneurship: Impact of Business Training on Microfinance Clients and Institutions. The Review of Economics and Statistics, 93(2), 510–527. https://doi.org/10.1162/REST_A_00074

Kulathunga, K. M. M. C. B., Ye, J., Sharma, S., & Weerathunga, P. R. (2020). How Does Technological and Financial Literacy Influence SME Performance: Mediating Role of ERM Practices. Information 2020, Vol. 11, Page 297, 11(6), 297. https://doi.org/10.3390/INFO11060297

McKenzie, D. , & Woodruff, C. (2013). hat are we learning from business training and entrepreneurship evaluations around the developing world? The World Bank Research Observer. 48–82, 1–28.

Pickering, C., & Kiely, J. (2019). The Development of a Personalised Training Framework: Implementation of Emerging Technologies for Performance. Journal of Functional Morphology and Kinesiology 2019, Vol. 4, Page 25, 4(2), 25. https://doi.org/10.3390/JFMK4020025

Sarma, M. , & Pais, J. (2019). E-Learning and Financial Inclusion: Evidence from a Pilot Study in India. Journal of Interactive Learning Research. 367–386, 3–30.

Downloads

Published

2024-12-20