PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR

Penulis

  • I Nyoman Marjaya SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung

Kata Kunci:

Supervisi Akademik, Supervisi Individual, Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh rata-rata awal yaitu 41,29 dengan kriteria kemampuan kurang baik, pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 62,93 dengan kriteria kemampuan (cukup) dan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 103,64 dengan kriteria kemampuan (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-03-30

Cara Mengutip

Marjaya, I. N. . (2020). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR . Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 9(1). Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/828