METODE SINERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH

Penulis

  • Ninik Kristantini SMA Negeri 4 Denpasar

Kata Kunci:

Metode sinergetic teaching, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS2semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasardengan menggunakan metode sinergetic teaching dalam proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS2 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil yang diperoleh di analisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 70,22 dengan ketuntasan belajar 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 73,53 dengan ketuntasan belajar 63,89% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 82,47 dengan ketuntasan belajar 97,22%. Data tersebut menuntut peneliti untuk membuat simpulan bahwa penggunaan metode sinergetic teaching dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa di kelas XI IPS2semester IItahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-03-30

Cara Mengutip

Kristantini, N. (2020). METODE SINERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH . Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 9(1). Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/827