IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SILA DHARMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • Putu Suarniti Noviantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Aktivitas, Belajar, Prestasi, Pendekatan Kontekstual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini melibatkan 33 orang siswa kelas VII SMP Sila Dharma Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan cara observasi dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar siswa. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan kontekstual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-03-06

Cara Mengutip

Noviantari, P. S. . (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SILA DHARMA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 8(1). Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/569