PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Penulis

  • I Gusti Ayu Made Aryaningsih SMP Negeri 8 Denpasar

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas VII.I semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 8 Denpasar adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran project based learning siswa kelas VII.I semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 8 Denpasar. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 41 siswa kelas VII.I semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 8 Denpasar penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanay peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 69,05 meningkat menjadi 73,51 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,32 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 24,39% pada siklus I meningkat menjadi 58,54% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,68%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah prestasi belajar bahasa Indonesia dapat meningkat melalui model pembelajaran project based learning siswa kelas VII.I semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 8 Denpasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-03-31

Cara Mengutip

Aryaningsih, I. G. A. M. . (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 10(1). Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/2081