SOSIALISASI DAN MITIGASI GEMPA BUMI MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VIRTUAL REALITY PADA PANTI ASUHAN ADZKIYAH ALKHAIR KECAMATAN DENPASAR BARAT PROVINSI BALI

  • Nia Maharani STMIK STIKOM Indonesia Bali
Keywords: Lempeng tektonik, Bencana gempa bumi, Sosialisasi, Media berbasis virtual reality

Abstract

Panti Asuhan Adzkiyah Alkhair merupakan salah satu panti asuhan yang terletak di Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar merupakan salah satu panti asuhan yang juga terkena guncangan gempa bumi tahun 2019. Kerusakan ringan bangunan dialami pada panti tersebut seperti  retakmya beberapa dinding kamar tidur, musholla, kamar mandi dan beberapa tempat lainnya. Kegiatan PKM ini adalah kegiatan pertama bagi panti asuhan tersebut yang memberikan pengenalan dasar tentang bencana gempa bumi dan antisipasinya dalam menghadapi bencana gempa bumi. Metoda yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metoda ceramah yang dilengkapi dengan sesi tanya jawab mengenai gempa bumi dan antisipasinya sebelum, saat dan setelah gempa bumi terjadi. Kegiatan terakhir adalah menonton video gempa bumi oleh anak-anak panti asuhan melalui youtube menggunakan kacamata 3-D Virtual Reality. Begitu antusiasnya anak-anak panti dalam mengikuti kegiatan terakhir ini karena sebelumnya mereka hanya menonton melalui televisi tapi dengan media berbasis virtual reality ini mereka seolah bisa merasakan langsung kejadian gempa bumi. Diharapkan kegiatan ini menjadi modal awal bagi para anak panti untuk menghadapi bencana gempa bumi nantinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisona, Dwi. “Sosialisasi dan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SDN 2 Wates Ponorogo”. Retraction : Indonesian Engagement Journal 8, no. 1 (Maret 2020).

Astuti, Sudaryono, “ Peran Sekolah Dalam Mitigasi Bencana”. Jurnal Dialog Penannggulangan Bencana 1, no.1 (Maret 2010), 30-42.

BNPB, Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana 13. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2017.

Khrisna.S, Pribadi. Pendidikan Siaga Bencana ITB. Program Kesiapan Sekolah Terhadap Bahaya Gempa Bumi,Bandung : Institut Teknologi Bandung, 2008.

Maharani, Nia, Evi Dwi Krisna, “Sosialisasi Mitigasi dan Game Gempa Bumi Pada Panti Asuhan Dharma Jati Kecamatan Denpasar Timur Provinsi Bali”. Dharma Rafflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS 18 no.2 (Desember 2020) :133-141.

Maharani, Nia., Ni Putu Eka Kherismawati Sari, dan Ni Luh Pangestu Widya Sari , “Sosialisasi dan Simulasi Gempa Bumi di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Bali”. Engangment : Jurnal Bakti Saraswati (JBS) Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS 9, no. 1 (Maret 2020), 31-37.

Maharani, Nia. “Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali” Pendipa: Journal of Science Education 4 no.3 (Oktober 2020) : 32-38.

Meutia Farida, Ilham Alimuddin, Adi Maulana, Ulva Ria Irfan, Asri Jaya, Sultan, Kaharuddin, Agustinus, “Sosialisasi Bencana Geologi Dan Mitigasinya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah Makassar”, Tepat : Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat 2 no.2 (2018) : 8.

Nurjanah, Sugiharto R., Kuswanda Dede, BP Siswanto, Adikoesoemo. Manajemen Bencana, Bandung : ALFABETA, 2012.

N. Nuraeni., M. Mujiburrahman, Rudi Hariawan, “Manajemen Mitigasi Bencana Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi dan Tsunami”, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan 4 no.1 (Maret 2020) : 68-79.

Utomo., L, Iwan Alim Saputra, Rahmawati, Zumrotin Nisa, “Sosialisasi Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu”.Engangment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7, no. 2 (Oktober 2019), 43-51.

Published
2021-03-31