ANALISIS PENDAPATAN KOPI KINTAMANI KOPI KINTAMANI

Authors

  • Ni Nyoman Nuriasih Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati
  • Ni Nyoman Utari Viprianti Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati
  • Dian Tariningsih Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati

Keywords:

kopi arabika, kopi kintamani, analisis pendapatan

Abstract

Kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas perkebunan yang telah di ekspor ke pasar dunia. 67%  produksi kopi yang dihasilkan oleh Indonesia, diekspor sedangkan sisanya 33%  untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Desa Binyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli memiliki beberapa desa penghasil kopi arabika. Daerah ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan usahatani kopi, karena sesuai dengan keadaan iklim dan kondisi tanah dari komoditi tersebut. Beberapa tahun terakhir perkembangan produksi komoditi kopi arabika di Kabupaten Bangli mengalami penurunan. Sehingga penelitian yang dilakukan di Desa Binyan untuk mengetahui pendapatan usahatani tanaman kopi di Desa Binyan, serta mengetahui  keunggulan komperatif komoditas kopi arabika kintamani.      

Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Binyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli  menunjukkan bahwa: Pendapatan rata-rata yang diperoleh petani kopi Arabika Biji merah sebesar Rp 12.442.214. Sedangkan pendapatan petani dari kopi Arabika   biji kering diperoleh sebesar Rp 173.062.727 hal ini disebabkan oleh selisih biaya yang dikeluarkan antar kedua jenis biji kopi tersebut adalah 37%. Akan tetapi ketika petani menjual hasil panen kopinya dalam bentuk olahan biji kering, penerimaan petani lebih besar 89% dan pendapatannya pun lebih tinggi 93% dibandingkan menjual hasil panen langsung berupa biji petik merah. Kopi Arabika di Desa Binyan, Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, memiliki keunggulan komparatif ditinjau dari produktivitas lahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-30

How to Cite

Nuriasih, N. N., Viprianti, N. N. U., & Tariningsih, D. (2018). ANALISIS PENDAPATAN KOPI KINTAMANI KOPI KINTAMANI. AGRIMETA : Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem, 8(16). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/agrimeta/article/view/411