UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO DAN GAMBAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BIMA
Keywords:
klasifikasi mahluk hidup, media video dan gambar, model Problem Based Learning (PBL), penerapanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media video dan gambar dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa pada topik materi klasifikasi mahluk hidup kelas VII semester ganjil tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan berbantuan kuesioner motivasi dan test kognitif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuisioner motivasi pada siklus I dan siklus II dan pengisian kuesioner motivasi . penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bima dengan jumlah peserta didik sejumlah 23 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan menggunakan media video dan media gambar sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, karena terjadi peningkatan skor motivasi dari siklus 1 dari 43,33% ke siklus II dengan nilai sebesar 85,33%. Selain motivasi, penerapan model PBL dengan menggunakan media video dan media gambar juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa dimana hasil pengetahuan siswa di siklus I siswa awalnya hanya 56,66% yang mencapai KKM, dan di hasil tes penegtahuan di siklus II terjadi peningkatan menjadi 95,33% yang telah mencapai KKM. Simpulan dari penelitian ini yaitu model PBL dengan menggunakan media video dan media gambar efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi klasifikasi mahluk hidup.
Downloads
References
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103-112.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif. Unisri Press.
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 11-18.
Sadiman, A.S, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Irfan, M. K., Yelianti, U., & Muhaimin, M. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pageflip pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP: Development of E-Learning Module 3D Biology Based on Material Classification Pageflip Beings for Seventh Grade Students of SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 9-16.
Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Trianto. Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
Sugiyanto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vidio untuk Guru sekolah menengah pertama Kota Palangka Raya. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 196-201.
Yuliana, Y. (2016). Efektifitas penggunaan laboratorium terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis peran media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar ipa smp. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis peran media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar ipa smp. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).
Benyamin, P. Issak, Mahendra, Y., & Santosa, D.S. S. (2020). Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis. Sotiria: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 03(01)
Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Cendekia Publisher.
Irfan, M. K., Yelianti, U., & Muhaimin, M. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pageflip pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP: Development of E-Learning Module 3D Biology Based on Material Classification Pageflip Beings for Seventh Grade Students of SMP. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 9-16.
Anisah, P. A., & Wesiara, S. (2023, June). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Animasi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Smp Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 11, No. 1, pp. 166-170).
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26.