PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMK PGRI 4 DENPASAR

Authors

  • Anak Agung Ketut Tony Marianta SMK PGRI 4 Denpasar

Keywords:

Minat belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket . Proses pengumpulan data dengan pengisian angket oleh siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pelaksanaan penelitian  pembelajaran ini menunjukan bahwa aspek penilaian terdapat peningkatan minat baca siswa. Aspek motivasi membaca sebelum tindakan 60% setelah tindakan 95%,  manfaat membaca sebelum tindakan 68% setelah tindakan 90%, aspek  materi literasi sebelum tindakan 70 % menjadi 87%, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan minat baca dengan penerapan model pembelajaran inovasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. Taufiq. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media, 2016.

Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. "Teori belajar dan pembelajaran." (2015).

Caroline,E. Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia,2019.

Hasibuan, Rosmidah. "Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup." Jurnal Ilmiah Advokasi 4.1 (2016): 42-52.

Ramadhan,Iwan. “ Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS1.”Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.3(2021) :358-369.

Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Anak Agung Ketut Tony Marianta. (2022). PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMK PGRI 4 DENPASAR. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 4(1), 24–27. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8082