PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMK PGRI 4 DENPASAR
Keywords:
Minat belajar, Model Pembelajaran, Problem Based LearningAbstract
Dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket . Proses pengumpulan data dengan pengisian angket oleh siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini menunjukan bahwa aspek penilaian terdapat peningkatan minat baca siswa. Aspek motivasi membaca sebelum tindakan 60% setelah tindakan 95%, manfaat membaca sebelum tindakan 68% setelah tindakan 90%, aspek materi literasi sebelum tindakan 70 % menjadi 87%, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan minat baca dengan penerapan model pembelajaran inovasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai
Downloads
References
Amir, M. Taufiq. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media, 2016.
Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. "Teori belajar dan pembelajaran." (2015).
Caroline,E. Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendekia,2019.
Hasibuan, Rosmidah. "Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup." Jurnal Ilmiah Advokasi 4.1 (2016): 42-52.
Ramadhan,Iwan. “ Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS1.”Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.3(2021) :358-369.
Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.