MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI I PRAYA BARAT

Authors

  • Dewi Haerani SMA Negeri I Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Keywords:

Keaktifan Belajar, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik (diskusi kelompok). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode kolaborasi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, dan presentasi kelompok. Pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan keaktifan dalam proses belajar/ diskusi kelompok menunjukkan bahwa 92% peserta didik antusias dengan pembelajaran Project Based Learning dan sebanyak 8% peserta didik dalam pembelajaran Project Based Learning kurang aktif. Media pembelajaran yang digunakan adalah media video dan gambar. Metode pembelajaran yang digunakan adalah sebesar 34% metode yang digunakan adalah unjuk kerja, 33% adalah metode hasil proyek, 33% metode presentasi/ diskusi kelompok. Respons peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning yaitu sebanyak 98% peserta didik setuju pembelajaran model Project Based Learning tetap diterapkan (akan disesuaikan dengan materi). Penelitian ini berimplikasi terhadap proses pembelajaran model Project Based Learning yang dilakukan oleh guru, sehingga guru dapat mengemas pembelajaran model Project Based Learning dengan lebih menyenangkan, inovatif dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar (diskusi kelompok).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Indriyani, P. A., & Wrahatno, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3), 459–463. Kurniasari, R. (2020). Penerapan Model Quantum Teaching.

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2).

Rahma, W. (2016). Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49-62.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL) dan Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Siti, N., Woro, S., Sri, S., Cepi, K. (2021). Kimia dalam Pendidikan, 10 (2), 33-41.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. MIMBAR PGSD Undiksha, 20(1), 127–145.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Dewi Haerani. (2022). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI I PRAYA BARAT. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 4(1), 17–23. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8081