IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 TANJUNG

Authors

  • Dewi Purwakanti SMA Negeri 1 Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Keywords:

hasil belajar, model PBL, materi virus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung. Metode Problem Based Learning (PBL) digunakan untuk merangsang keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep virus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen ini adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan”. Pada penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen yaitu, penelitian yang mendekati percobaan sesungguhnya dimana tidak mungkin mengadakan kontrol atau manipulasi semua variable yang relevan. Alasan menggunakan metode Quasi Eksperimen ini karena pada kenyataannya keadaan atau situasi yang tidak memungkinkan digunakannya kelas kontrol dalam penelitian ini. Karena situasi seperti itulah penulis menulis Quasi Eksperimen yaitu hanya menggunakan satu kelas. Desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group-Ptetest Posttest. Dalam kegiatan uji coba tidak menggunakan kelompok Kontrol. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang di ujicobakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 di SMA Negeri 1 Tanjung. Model Problem Based Learning (PBL) ini memberikan ruang bagi siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan meningkatkan pemahaman konsep-konsep virus secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang berfokus pada keterlibatan siswa dan penerapan konsep dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Hambali, H., & Nurdiyanti, N. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Virus. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 220-227.

Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. "Teori belajar dan pembelajaran." (2015).

Distroly, Dalam Hamalik (2021).Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik.(2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135-144.

Megayani, M., & Yasin, Y. (2019). Penerapan model problem based learning terhadap pemahaman konsep dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi virus di kelas X SMA Yabujah Segeran Indramayu. Bio Educatio, 4(2), 377602.

Prihatiningtyas, S., & Tijanuddarori, M. W. (2021). Media interaktif e-modul biologi materi virus sebagai pendukung pembelajaran daring di MAN 3 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(3), 1-8.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).

Septiningrum, D., Khasanah, N., & Khoiri, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Virus Berbasis SocioScientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 87-104.untuk meningkatkan profesionalitas Guru, P. (2009). DAFTAR PUSTAKA Buku.

Downloads

Published

2022-03-04

How to Cite

Dewi Purwakanti. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 TANJUNG. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 4(1), 7–11. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8079