PEMANFAATAN VIDEO (YOUTUBE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Putu Raka Agus Susena SMA Negeri 1 Tembuku

Keywords:

Fokus Belajar, Video Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Dalam proses pembelajaran di era industri 4.0 dan generasi ”Z” para pendidik diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam penggunaan teknologi untuk menarik minat dan fokus belajar siswa. Media pembelajaran harus digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Media pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk menginspirasi dan memotivasi siswa dalam belajar yang nantinya akan meningkatkan fokus siswa didalam proses pembelajaran terutama pada Pelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan review literatur tentang penggunaan media video (youtube). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitataif dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang direview dalam penelitian ini yaitu penelitian yang diterbitkan antara tahun 2014 dan 2022 membahas tentang video (youtube) pembelajaran yang diterapkan pada siswa kelas X. Artikel berasal dari jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schooler melalui aplikasi Publish or Perish. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaan Biologi khususnya siswa kls X sangat cocok dengan menggunaan video (youtube) pada proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan video (youtube) pembelajaran dapat membantu siswa belajar lebih efektif dan meningkatkan fokus belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php /didika/article/view/3828

Elsani.(2020).Penaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Siklus Hewan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Alamat url https://jurnal.unsil.ac.id

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.

Hidayah, A., Basri, R. A. Q., & Yusuf, M. (2021). Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 1(1), 8–12.

Nurfadhillah, S., Ramadan, F. C. T., Afianti, N. A., Huzaemah, & Erdian, A. E. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 333–343.

Nuwahidah.(2021).Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa.alamat url http://jurnal.umt.ac.id

Novita.(2019).Penggunaan Media Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Alamat url:https://ejournal.upi.edu

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4 i2.2127

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25 i2.1649

Wiryajati, I. K., Susana, I. G. B., Joniarta, I. W., & A, I. G. A. K. C. A. W. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 4(2), 90–96

Downloads

Published

2022-03-04

How to Cite

Putu Raka Agus Susena. (2022). PEMANFAATAN VIDEO (YOUTUBE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN FOKUS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 4(1), 1–6. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8078