MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL MENGGUNAKAN LKPD DAN MEDIA PPT PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM

Authors

  • Ni Luh Dessy Lestari SMA N 2 Bangi

Keywords:

berdifrensiasi, motivasi, inovasi, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Keseimbangan ekosistem melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran berbasis masalah/Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Power Point (PPT. Motivasi mampu menggerakkan siswa menjadi lebih bersemangatdalam meneriam pembelajaran .Metode penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XB dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini berimplikasi terhadap proses pembelajaran karena PBL dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Hasil analisis menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan PPT sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa karena terjadi peningkatan hasil belajar. Penerapan model PBL juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa dimana hasil pre test awalnya hanya 50% yang mencapai KKM dan dipost test terjadi peningkatan menjadi 84,44 % dan telah mencapai KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode PBL berbantuan PPT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Keseimbangan Ekosistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Janah, Novia Miftahul dan Umi, farihah. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mipa Di Sman Rambipuji Jember, Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 2, No. 2, 101. Diakses pada tanggal 24 November 2021 pada laman: https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/54/29

Kusnandar (2019) Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Jurnal IPS Universitas Pendidikan Ganesha. Vo.3.No.2 Diakses pada tanggal 25 Maret 2021.

Ramadan, Reski Rahayu, dkk. (2021). Strategi Belajar Overlearning Menggunakan Media Edmodo Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1). 31-32. Diakses tanggal 24 Maret 2021 pada laman: http://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/7176

Downloads

Published

2021-09-08 — Updated on 2023-12-03

Versions

How to Cite

Ni Luh Dessy Lestari. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL MENGGUNAKAN LKPD DAN MEDIA PPT PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 96–101. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8075 (Original work published September 8, 2021)