PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GLUCK CLOTHING

  • I Gede Aryasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi endrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: kualitas produk, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk merupakan suatu tindakan yang lazim dijalani oleh setiap individu konsumen ketika mengambil keputusan membeli. Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh kualitas produk dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap Keputusan pembelian konsumen pada Gluck Clothing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Penentuan pengambilan jumlah responden dilakukan melalui purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan software SPSS. Hasil uji instrumen menunjukkan data valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,012. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Adjusted R Square sebesar 0,508, nilai 0,508 memiliki arti 50,8 persen varian keputusan pembelian yang mampu dijelaskan oleh kualitas produk dan promosi sedangkan sisanya sebesar 49,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

References

Akhmad Syahrial, Yusroni. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Aneka Karya Glass Di Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Astuti, Rini., & Abdullah, Ikhsan. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman. 5 (2), Hal: 14-23.

Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi dan Utami, Ni Made Satya. 2018. Analisis Faktor Yang Menentukan Masyarakat Memilih Jasa Pelayanan Kesehatan di UPT Kesmas Sukawati I Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata. Undhira Bali. Vol. 13, No.2, Agustus 2018.

Budiyanto, Teguh. Kojo, Christoffel., & Hendra N. Tawas. 2016. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas Pt. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16 (4), Hal: 488-500.

Hafiz Adiwibowo. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Tomkins. Skripsi. Binus. Hakim, Ardhian Khairul., & Pramudana, Komang Agus Satria. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Pt. Banyumas Denpasar. Prosiding Seminar Nasional AIMI. Hal: 90- 103.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2014. Principles of Marketing 15th Edition. England: Pearson Education.

Kurnia, Muhammad Rifai. 2016. Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 24 (1), Hal: 33-42.

Kurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).

Maharani, Arina. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Warung Bakso Sari Gurih Pak Ratno. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prawiro., Eric Anderson. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Vnvleathergoods. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 3 (5), Hal: 665-670

Published
2020-04-15
Section
Articles