PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GLUCK CLOTHING

Authors

  • I Gede Aryasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi endrawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kualitas produk, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk merupakan suatu tindakan yang lazim dijalani oleh setiap individu konsumen ketika mengambil keputusan membeli. Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh kualitas produk dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap Keputusan pembelian konsumen pada Gluck Clothing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Penentuan pengambilan jumlah responden dilakukan melalui purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan software SPSS. Hasil uji instrumen menunjukkan data valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,012. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Adjusted R Square sebesar 0,508, nilai 0,508 memiliki arti 50,8 persen varian keputusan pembelian yang mampu dijelaskan oleh kualitas produk dan promosi sedangkan sisanya sebesar 49,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Published

2020-04-15

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)