PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO UFO ELEKTRONIK COKROAMINOTO DENPASAR
Keywords:
Kualitas pelayanan, bauran promosi, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel kualitas pelayanan dan bauran promosi pada keputusan pembelian.Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan wawancara kepada 85 konsumen Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji uji validitas dan reabilitas,uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroakedastisitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y=0,941+ 0,406+X1+0,342 X2. Hasil koefisien korelasi berganda adalah 0,638 yang berarti terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel kualitas pelayanan dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar. Hasil analisis determinasi diperoleh koefisien tingkat signifikan sebesar 40,8%. Analisis uji F diperoleh F hitung sebesar 28,200 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji t antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian diperoleh t hitung sebesar 4,016 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan hasil uji t antara bauran promosi dengan keputusan pembelian diperoleh t hitung sebesar 4,462 dengan tingkat signifikan 0,000. Simpulan penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar.