PENGARUH KEPUASAN KERJA , DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GERIHADI PETROLINDO

  • Ni Made Nila Kusuma Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Adnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, Komitmen Karyawan, Kinerja Karyawan

Abstract

Abstrak Kinerja merupakan ukuran seseorang dalam bekerja melaksanakan tugasnya yang semuanya bisa didukung oleh kemandirian, kreativitas, komitmen, tanggung jawab, dan rasa percaya diri individu dalam bekerja. Kinerja merupakan hal yang penting yang harus dicapai setiap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, disiplin kerj dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan Pada PT. Gerihadi Petrolindo. Penelitian ini dilakukan di PT.Gerihadi Petrolindo. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 orang. Pengumulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis korelasi, R didapat 0,877 menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat tinggi antara kepuasan kerja, disiplin kerja dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan. Analisis determinasi berganda menunjukkan bahwa diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0.743 atau 74.3 persen yang berarti kinerja karyawan karyawan pada PT. Gerihadi Petrolindo dipengaruhi oleh kepusan kerja, disiplin kerja dan komitmen Karyawan, sedangkan sisanya sebesar 25.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil t-test menyatakan bahwa kepuasan kerja, disiplin kerja dan komitmen karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Gerihadi Petrolindo.

References

Bernardin, H. John. 2007. Human Resources Management: An Experiential Approach, 3rd edition, New York: McGraw-Hill/Irwin. Bambang Guritno, dan Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI.Vol 1. No 1. Hal: 63-74.

Flippo, E.B. 1999. Personnel Management, Singapore :McGraw Hill.

Handoko, T. Hani 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Penerbit Andi. Mowday, R.T., R.M., Steers, & L.W., Porter. 1983. The Measurement Organizational Commitment. Journal of Vacational Behavior, Vol. 14.

Novianti, Kadek dan Mitariani, Ni Wayan Eka. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada De Bakker Bakery Denpasar. JUIMA. Vo. 7, No.2.September 2017.

Rivai. 2009. Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: dari teori ke praktik” penerbit Rajawali Pers

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju

Smith & Hobin. 2006. Manajemen Personalia. Surabaya : PT. Angkasa.

Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta; STIE YKPN Tika, H Pabundu. 2006. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja. Jakarta : PTBumi Aksara.

Yuwalliatin, Sitty. 2006. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Serta Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Kompetitif Dosen UNISULA Semarang. EKOBIS. Vol7.No2.Hal:2

Published
2020-04-15
Section
Articles