ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017)

  • Derfina Nofitri Anita
  • Agus Wahyudi Salasa Gama
  • G. Oka Warmana
Keywords: Good Corporate Governace, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Direksi, Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan (ROA)

Abstract

Kinerja keuangan perbankan menjadi faktor utama dan sangat penting untuk menilai keseluruhan kinerja perbankan itu sendiri.Mulai dari penilaian aset,utang, likuiditas dan lain sebagainya.Kinerja suatu bank dapat dinilai dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangannya .Salah satu penyebab menurunnya kinerja perbankan yaitu, manajemen bank yang tidak profesional. Penelitian ini akan menggunakan Good Corporate Governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel good corporate governance yang terdiri dari ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perbankan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2017.Populasi penelitian ini berjumlah 43 perusahaan perbankan.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.Terdapat 42 perusahaan yang memenuhi criteria sebagai sampel penelitian.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, dan ukuran perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).

References

Asep Hermawan. 2009. Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Grasindo Carningsih, 2009, Pengaruh GoodCorporate Governance terhadap Hubungan antara Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi.Universitas Gunardama. Jakarta.

Dewi Rastiana, P Putu Enda dan Tenaya, A Indra. 2017. Pengaruh Penerapan GCG dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankandi Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akutansi UniversitasUdayana,Vol. 21. 1, pp. 310-329.

Effendi,Muh.Arief.2009.ThePower of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Salemba Empat, Jakarta

Fitriyani, Dewi, Eko Prasetyo, Andi Mirdah, dan Wirmie Eka Putra. 2014. Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akutansi XVII.Lombok.

Gendut Suprayitno, Gl khomsiyah, dan Y Sedarnawati. 2008.Good Corporate Governance sebagai Budaya. Jakarta:The Indonesian Institute for Corporate Governance.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23. Edisi kedelapan. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Hamdani. 2016. Good Corporate Governance. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hendratni, T Whisnu, Nawasiah, N, &Indriati.2018. Analisis Pengaruh Corperate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol. 3, No.137-52

Hikmah, N dan D. Rahmayanti,2011.Faktor-Faktor yangMempengaruhi Luas Pengungkapan Corporate Governance dalam Laporan Tahunan PerusahaanPerbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Simposium Nasional AkuntansiXIV

Hutapea, J, Amanda. 2013. Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Perbankan (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011).Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. UniversitasDiponegoro

Jensen, M.C dan William H. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs, and Ownership Structure, Journal of Financial Economics, Vol. 3, No. 4, pp.305-360

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis.Alfabeta, Bandung.

Megginson, Wiliiam L. 1997. Corporate Finance Theory. Massachusetts: Addison- Wesley.

Monks, Robert dan Minow, N. 2003.Corporate Governance.Edisi ketiga. Blackwell publishing

Puspitasari, Filia dan Endang Ernawati.2010.PengaruhMekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Badan Usaha.Jurnal manajemen teori dan terapan.Vol. 3.No. 2. pp. 189-215

Rini, Kartika Amilia.2010.AnalisisLuasPengungkapanCorporate Governance dalam Laporan Tahunan PerusahaanPublikdi Indonesia. Skripsi ProgramSarjan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis,UniversitasDiponegoro.

Profitabilitas Struktur Modal dan Keputusan Infestasi Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis vol. 23 No 2.pp.1-7

Sabrinna, Anindhita Ira. 2010. Pengaruh Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi Program Sarjana Akutansi , Semarang: UNDIP.

Sari, Irmala. 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perbankan Nasional (Studipada

Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008).Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Ekonomi Diponegoro,Semarang.

Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan. Medan: USU DigitalLibrary.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian bisnis. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung , Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Sulton, Rizki Reza. 2016. Pengaruh Corperate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014.Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

Sutedi, Adrian. 2011. Good Corporate Governance. Jakarta : Sinar Grafika.

Ujiyantho, Moh Arief dan Pramuka, Bambang Agus. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba, dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Go Publik Sektor Manufaktur). Jurnal.STIE Muhammadiyah Pekalongan dan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.Vol.10. No.1. pp. 8

Utommo, Andini, dan Raharjo. 2016. Pengaruh Leverage (DER) Price Book Value (PBV), Ukuran Perusahaan (Size), Return On Equity(ROE), Deviden Payout Ratio (DPR), Dan Likuiditas (CR) Terhadap Price Earning Ratio (PER) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2014. Journal Of Accaunting Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Akutansi. Universitas Pandanaran Semarang.Vol. 2.No. 2. pp.6

Published
2019-12-02
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)